Setneg: Revitalisasi Monas Selatan tak Ada Izin

by -
PROYEK: Inilah kondisi revitalisasi kawasan Monas bagian selatan yang akan dibangun Plaza Monas Selatan.

METROPOLITAN – JAKARTA Revitalisasi kawasan Monas bagian Selatan yang akan dibangun Plaza Monas Selatan dipastikan tidak memiliki izin dari Komisi Pengarah. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris utama Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) Setya Utama.

Saya sampaikan bahwa pembangunan itu, revitalisasi itu belum ada izin dan memang belum pernah ada pengajuan izin,” kata Setya saat dibubungi, Kamis (23/1).

Dia menyampaikan, pemberian izin ini menjadi kewenangan Komisi Pengarah yang diketuai oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Sedangkan Sekretarisnya yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Jadi bukan Setneg, itu kolektif, ada enam kementerian kalau tidak salah, sekretaris Komisi Pengarah itu sendiri Pak Gubernur (Anies) merangkap ketua badan pelaksana,” imbuhnya.

Setya menerangkan Komisi Pengarah adalah yang diberi kewenangan oleh negara untuk mengelola pembangunan di Kawasan Medan Merdeka. Berdasarkan Keppres Nomor 25/1995, kawasan Medan Merdeka meliputi Taman Medan Merdeka, Zona Penyangga Taman Medan Merdeka, dan Zona Pelindung Taman Medan Merdeka.

Taman Medan Merdeka dijelaskan sebagai areal yang dibatasi di sisi utara oleh Jalan Medan Merdeka Utara, sisi selatan oleh Jalan Medan Merdeka Selatan, sisi timur oleh Jalan Medan Merdeka Timur, dan sisi barat oleh Jalan Medan Merdeka Barat.

Kerja Komisi Pengarah tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 25 Tahun 1995 tentang Pembangunan Kawasan Medan Merdeka Di Wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

“Komisi Pengarah bertugas memberikan pengarahan dan pendapat kepada Badan Pelaksana, serta mengeluarkan persetujuan terhadap perencanaan maupun pembiayaan,” ucap Setya.

Dia menegaskan, sejauh ini Komisi Pengarah baru mengeluarkan izin di area Monas untuk pembangunan Stasiun MRT Monas yang dikerjakan pada pembangunan jalur MRT tahap II.

“Itu sudah ada izin dari kita dengan beberapa rekomendasi nggak sesuai persis dengan badan pelaksana minta,” pungkas Setya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merevitalisasi kawasan Monumem Nasional (Monas) bagian Selatan, di Jalan Medan Merdeka Selatan, atau yang bersebelahan dengan Ikatan Restoran dan Taman Indonesia (IRTI). Di area tersebut rencananya akan dibuat Plaza Selatan Monas.

Pantauan JawaPos.com di lokasi pada Selasa (21/1) pembangunan sudah dimulai. Bidang tanah sudah tampak diberi adona semen. Galian tanah diangkut bergilir menggunakan truk. Pagar pembatas proyek sudah mengitari lokasi yang terdampak revitalisasi.

Pada keterangan yang dipasang di sekitar proyek, Plaza Selatan Monas ini akan difungsikan sebagai ruang terbuka publik yang juga berfungsi sebagai Plaza Upacara dan Plaza Parade. Lantai plaza akan dihias dengan cahaya dari inground lighting.

Pada area tempat duduk akan dipasang step light dan up light pada pohon. Di area ini juga akan dibangun kolam pantulan bayangan, dengan pencahayaan dari dalam kolam dengan tipe underwater lighting. (jp/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *