Siapkan Empat Jurus Transformasi Kampus ITB

by -1 views
Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Periode 2020-2025,kemarin.

METROPOLITAN – Profesor Reini Wirahadikusumah, dilantik sebagai Rektor ITB periode 2020-2025 menggantikan Prof Kadarsah Suryadi. Pelantikan digelar dalam Sidang Terbuka Majelis Wali Amanat ITB yang dipimpin Ketua MWA ITB Yani Panigoro dan dihadiri Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil, kemarin.

Reini mengaku akan menjalankan amanah yang sangat berharga tersebut dengan terus-menerus memberikan kinerja terbaik. Dengan segenap kerendahan dan ketulusan hati, dedikasi, integritas dan optimisme. Dia juga menyampaikan berbagai capaian yang telah diraih ITB di masa kepemimpinan Profesor Kadarsah Suryadi adalah modal yang penting bagi seluruh civitas akademik kampus tersebut untuk melangkah ke depan.

Dia mengatakan selaras dengan harapan masyarakat dan bangsa Indonesia serta seluruh civitas akademik ITB, Senat Akademik ITB telah menyusun Rencana Induk Pengembangan ITB 2020-2025, yang memberikan arah bagi pengembangan untuk mewujudkan

“a Globally Respected and Locally Relevant University.”

Hingga saat ini, kata dia, sangat banyak capaian yang telah diraih dalam masa kepemimpinan terdahulu. Ke depan, perubahan-perubahan yang cepat dari lingkungan, baik nasional maupun global harus terus-menerus diantisipasi dan direspons secara kritis, kreatif, inovatif, berintegritas dan berkedaulatan.

“Sebagai organisasi, ITB harus senantiasa menjadi learning organization dan bersifat adaptif,” kata dia.

Setelah hampir seratus tahun berkontribusi bagi bangsa, lanjut Reini, kini sudah saatnya ITB memulai kembali membangun kekuatan untuk menjawab tantangan perubahan dan menyusun strategi transformasi untuk seratus tahun yang akan datang. Adapun langkah-langkah transformasi yang akan ditempuh adalah untuk mewujudkan sosok ITB 2025 dengan ciri-ciri utama, seperti Sistem Tridharma yang memfasilitasi seluruh komponen civitas akademika untuk memberikan kinerja terbaiknya.

Kemudian, institusi yang memiliki reputasi kebangsaan, memberikan solusi terhadap masalah bangsa, dan dapat senantiasa menjaga dan meningkatkan martabat bangsa. Ketiga, institusi dengan reputasi akademik yang terpandang dan setara dengan mitra-mitra internasional. Keempat, lulusan ITB berkualitas internasional, berkarakter nasionalis dan cinta NKRI, berperan di berbagai tingkatan pekerjaan, memiliki sikap inisiatif dan inovatif, kepeloporan, kolaboratif dan berintegritas dan keberlanjutan regenerasi kepemimpinan ITB yang senantiasa mampu bertransformasi. (rol/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *