Tanam Bibit Pala, DKPP Hijaukan Kampung Buntar

by -
PENANAMAN: Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menanam pohon pala di Kampung Buntar, Kelurahan Muarasari

METROPOLITAN – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) kembali menghijaukan Kampung Buntar dengan penanaman bibit pohon pala.

Restorasi Kampung Buntar sebagai penghasil pala itu dilakukan dengan menanam kurang lebih 1000 bibit pohon pala.

Pada tahap pertama restorasi atau pemulihan Kampung Buntar sebagai penghasil pala itu dilakukan dengan menanam 200 bibit pala.

Secara simbolis bibit pala berusia dua tahun yang sudah berbuah dan siap panen di tanam oleh Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim di Saung KWT Bina Tani RT 4/8 Kelurahan Muara Sari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Selasa (28/1/2020).

“Memang di Kampung Buntar sudah ada produsen pengolah pala sebagai minuman kemudian juga berbagai produk turunan dari buah pala, dan ini juga dalam rangka kita mendukung program urban Farming,” kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim.

Dedie mengatakan meski berada di wilayah perkotaan Pemkot Bogor tetap memiliki konsen untuk mengembangkan pertanian.

“Karena potensinya ada dan kemudian juga pasar tentu sangat terbuka menyerap hasil komuditi pertanian yang ada dari sekitar Kota Bogor,” ujarnya

Dilokasi yang sama Kepala DKPP Kota Bogor, Anas S. Rasmana mengatakan bahwa restorasi Kampung Buntar sebagai pala ini juga termasuk ke dalam pengembangan pengembangan urban farming.

“Pemkot Bogor melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian akan mengarahkan peningkatan komuditi pertanian kepada urban farming dimana kita akan menanfaatkan teknologi pertanian,” ujarnya.

Tidak hanya di Kampung Buntar, program urban farming dengan pengenbangan beberapa jenis pohon lainnya pun akan dilakukan di 13 lahan tidur milik warga.

Nantinya lahan tidur atau lahan yang tidak terpakai tersebut akan diajukan kerjasama dengan pemilik lahan untuk pengembangan urban farming dan produk holtikultura.

“Iya nanti akan dimanfaatkan untuk urban farming dan holtikultura seperti  capcay, pokcay, salada, bawang daun dan padi organik. Lokasinya ada di Katulampa, Cimahpar di selatan juga ada,” ujarnya. (*/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *