Tiga Desa di Sukajaya Masih Gelap

by -

METROPOLITAN –  SUKAJAYA Sebagian wilayah terdampak longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, belum mendapat pasokan listrik. Sebanyak tiga desa belum dialiri listrik lantaran terkendala akses jalan.

“Desa Cileuksa, Cisarua, dan Pasirmadang. Kami menargetkan sebelum masa tanggap darurat bencana dicabut seluruh desa di Kecamatan Sukajaya teraliri listrik,” ungkap Sekretaris Camat Sukajaya, Ridwan, kemarin.

Ridwan menegaskan, pasokan listrik untuk wilayah terdampak longsor di Kecamatan Sukajaya jadi prioritas. Pihaknya selalu melaporkan informasi terbaru ke posko komando tanggap bencana dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

“Jika waktu tanggap bencana sudah berakhir dan pasokan listrik belum selesai, masih ada tahap kedua, yaitu rekonstruksi. Kami dari pihak kecamatan terus meminta ke Pemkab Bogor untuk percepatan dalam pasokan listrik dan air bersih,” kata Ridwan.

Dia menjelaskan, akses jalan di Kecamatan Sukajaya dapat dilalui kendaraan, namun beberapa jalan hanya bisa dilalui kendaraan roda empat jenis 4WD (four wheel drive). Sejumlah desa terdampak pun hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

“Untuk Desa Cileuksa dan Cisarua masih ada jalan menuju kampung yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua dan mobil ofroad. Kami sedang upayakan untuk bisa dilalui kendaraan roda empat, agar tiang listrik dan alat-alat berat bisa masuk kampung tersebut,” papar dia.

Ridwan menegaskan jumlah pengungsi semakin menurun.Data awal mencatat 14 ribu jiwa pengunsi saat ini menjadi 11 ribu jiwa di Kecamatan Sukajaya.

“Mayoritas warga terdampak longsor mengungsi ke rumah saudaranya untuk sementara,” ucapnya. (med/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *