Tinggal di Apartemen, 15 WNA Ilegal Diciduk

by -
DICIDUK: Sebanyak 15 WNA diamankan petugas Imigrasi Kelas I Tangerang, kemarin.

METROPOLITAN – TANGERANG Sebanyak 15 warga negara asing (WNA) diamankan petugas Imigrasi Kelas I Tangerang lantaran diduga melanggar undang-undang keimigrasian RI. Mereka diamankan di dua tempat berbeda di Kota Tangerang dan Tangerang Selatan.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, Imam Suyudi mengungkapkan, 15 WNA tersebut diamankan oleh jajaran Imigrasi Tangerang saat melaksanakan pengawasan WNA pada Jumat, 24 Januari 2020.

Tim intel dan penindakan Imigrasi Tangerang melakukan operasi di apartemen GWR dan CDP . Disana petugas berhasil mengamankan 15 orang laki-laki WN asal Afrika. Ini merupakan penangkapan perdana pada tahun 2020 ini,” kata Imam saat ditemui di Kantor Imigrasi Kelas I Tangerang, Kota Tangerang, Senin (27/1/2020).

Imam berujar, lima WNA yang merupakan WN Nigeria dapat menunjukkan paspor. Namun izin tinggalnya di Indonesia telah berakhir atau overstayer.

Mereka diduga melanggar pasal 78 ayat 3 UU nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian. Mereka akan dikenakan sanksi administrasi berupa deportasi dan ditangkal masuk ke wilayah Indonesia atau blacklist,” tutur Imam.

Sementara, sepuluh WNA lainnya diamankan karena tidak dapat menunjukkan paspor kepada petugas yang melakukan operasi. Mereka pun kini ditahan di ruang detensi Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang guna pemeriksaan lebih lanjut.

Penangkapan mereka hanya sedang melakukan kegiatan biasa seperti main laptop dan handphone,” tutur Imam.

Sejauh ini lanjut Imam, aktivitas ke 15 WNA tersebut di Indonesia masih didalami. Belum ada yang mengarah ke kejahatan siber maupun kejahatan lainnya.

Kita belum dapat menyimpulkan apa saja kegiatan mereka, apakah kriminal atau kasus-kasus lain. Masih kita dalami,” pungkasnya. (*/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *