Tol Borr Tembus Dramaga 2021

by -
BEROPERASI: Tol BORR yang sudah beroperasi rencananya akan tembus hingga Dramaga, Kabupaten Bogor.

METROPOLITAN – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) memastikan pembangunan Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) yang kini masih berjalan di seksi IIIA (Simpang Yasmin-Simpang Semplak), bakal dilanjutkan hingga Dramaga, Kabupaten Bogor. BPJT bahkan menargetkan Tol Borr bakal tembus Dramaga pada tahun depan.

“BORR kan akan terus bergerak ya. Berikutnya akan dilanjutkan sampai ke Dramaga. Yang Dramaga sendiri dalam proses perencanaan, tapi yang sebelum itu proses akan tetap dilanjutkan,” kata Kepala BPJT, Danang Parikesit.

Menurut Danang, Tol BORR bakal tembus sampai ke Dramaga paling cepat tahun depan atau selambat-lambatnya 2022.

“Kalau sampai ke Dramaga kan mungkin masih mungkin tahun depan atau tahun depannya lagi,” ucap dia.

Danang menjelaskan, Tol BORR sempat mengalami kecelakaan konstruksi, khususnya Seksi 3A Simpang Yasmin-Simpang Semplak arah menuju Parung tepatnya di Pier 109 di depan Perumahan Taman Sari Persada Kota Bogor. Itu terjadi pada Rabu 10 Juli. Namun menurutnya berdasarkan hasil evaluasi, pembangunan tetap terus dilanjutkan.

“Setelah kemarin kan sudah ada evaluasi soal keselamatan konstruksi sama KKJTJ (Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan) disetujui dan progres tetap jalan terus sampai nanti ke arah Dramaga,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Bogor, Ade Yasin menyambut baik rencana pemerintah pusat yang sudah mempersiapkan rencana meneruskan tol Borr hingga Dramaga, Kabupaten Bogor. Dirinya juga mengaku siap jika nanti tol yang masuk pengelolaan PT Marga Sarana Jabar (MSJ) itu mulai berjalan di wilayah yang dipimpinnya tersebut.

“Alhamdulillah, itu tentunya akan sangat bermanfaat untuk masyarakat Bumi Tegar Beriman. Ya pasti nanti pada saat pembangunan mah pasti berdampak, misalnya macet dan lainnya. Tapi kan itu demi kedepannya berbagai sektor bakal lebih baik,” katanya kepada Metropolitan di Kantor Bupati, Cibinong, kemarin (27/1).

Bahkan, Ade Yasin berharap, proses pembangunan bisa berjalan lancar dan lebih cepat. Meskipun hingga saat ini, belum ada komunikasi secara formal bersama berbagai pihak terkait. Mulai dari BPJT, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) hingga PT MSJ.

“Pengennya sih lebih cepat ya. Nanti kita komunikasikan berbagai halnya, misalnya soal kebutuhan pembebasan lahan. Karena secara formal, belum ada komunikasi. Nanti ketemu dulu dengan pihak terkait,” tutup Ketua DPW PPP Jawa Barat tersebut.(ryn/c/rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *