Warga Muarajaya Ingin Jalan Muarajaya-Ciadeg Mulus

by -
BERLUBANG: Jalan Muarajaya-Ciadeg, Kecamatan Caringin, rusak parah. Hingga kini jalanan tersebut tak kunjung diperbaiki.

METROPOLITAN – CARINGIN Ruas jalan Muarajaya-Ciadeg, Kecamatan Caringin, semakin hari semakin rusak. Pemerintah Kabupaten Bogor, terutama Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) tak kunjung memperbaikinya. Wargapun meminta agar jalan kabupaten yang masuk wilayah infrastruktur jalan kelas A wilayah III Ciomas itu, segera diperbaiki.

Warga Kampung Cikalang, Desa Muarajaya, Adit, mengatakan, kerusakan jalan terkesan dibiarkan. Shingga ketika hujan turun akan banyak kubangan di tengah dan pinggir jalan.

“Lihat saja kalau lagi turun hujan, jalan sudah nampak seperti kubangan air yang tentu saja bisa membahayakan pengendara atau pengguna jalan,” keluhnya

Seharusnya pihak terkait sudah melakukan perbaikan sejak jauh-jauh hari, karena sepengetahuannya ada anggaran perbaikan dan perawatan jalan.

“Kan sudah jelas kewenangannya ada di UPT terkait. Saya heran, kenapa jalan yang semakin hari makin rusak parah malah dibiarkan begitu saja. Kan setahu saya ada anggaran perawatan atau pemeliharaan jalan,” cetusnya.

Sementara, Kepala Desa Muarajaya, Awan Hermawan mengaku kerap menerima pengaduan dari warga terkait kondisi ruas jalan penghubung antar kecamatan sepanjang 1,1 kilometer tersebut.

“Seringkali warga mendesak kami agar mengajukan perbaikan di ruas jalan itu. Namun yang menjadi persoalannya, sekarang kewenangannya ada di UPT Ciomas. Karena itu, kami meminta agar UPT yang bersangkutan segera melakukan perbaikan, sebelum kerusakan jalan terus bertambah,” ungkapnya

Awan khawatir, jika tidak segera diperbaiki dapat memicu terjadinya aksi yang tidak diinginkan, seperti pemblokiran, perusakan jalan warga.

“Nah justru karena alasan itu pula, kami meminta pihak terkait segera turun ke lapangan melihat langsung kondisinya, serta segera memperbaiki kerusakan jalan yang saat ini semakin bertambah parah. Jangan sampai akhirnya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya

Sementara itu, staf UPT Infrastruktur Jalan dan Jembatan Kelas A Wilayah III Ciawi, Suhendar Yanto,  mangatakan, status jalan Muarajaya-Ciadeg sudah menjadi kewenangan UPT Ciomas berdasarkan inventarisir terbaru tahun 2019.

“Ya sejak tahun lalu kewenangan jalan tersebut masuk ke UPT Ciomas. Sementara ruas jalan lingkar Cikalang-Muarajaya masuk ke wilayah kami,”   terangnya.

Pantauan di lapangan, terdapat sejumlah titik kerusakan di ruas tersebu selain disebabkan lalu lalang kendaraan berat proyek Tol Bocimi, kerusakan jalan terjadi akibat intensitas curah hujan yang tinggi selama beberapa pekan terakhir. (nto/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *