WNA China Diisolasi di RSHS

by -16 views
ILUSTRASI: Sejumlah dokter di China tengah menangani pasien yang terjangkit virus corona.

METROPOLITAN – Seorang warga negara asing (WNA) asal China terpaksa diisolasi di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, kemarin. Pria berusia 31 tahun tersebut diduga terjangkit virus Corona 2019-NcoV.

Menurut Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSHS Bandung, Tommy Ruchimat, pasien tersebut datang dengan kondisi demam tinggi. Ia dirujuk dari Rumah Sakit Cahaya Kawaluyaan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Menurutnya, pemeriksaan dilakukan sesuai dengan standar penanganan bagi pasien terduga terpapar virus corona.

“Kita tetap menyiapkan bahwa ini pasien terduga corona virus itu. Jadi kita langsung periksa semuanya dengan perlengkapan. Kita juga punya APD khusus untuk penyakit kejadian luar biasa seperti ini. Ada perlengkapan proteksi diri khusus, kita siapkan dan saat ini pasiennya sudah ada di ruangan isolasi rawat inap,” kata Tommy.

Tommy menjelaskan, WNA asal Tiongkok itu mendapat tindakan standar pasien terduga terpapar virus corona karena dia diketahui memiliki riwayat perjalanan dari China. Saat datang ke IGD, pasien diperiksa di ruang isolasi sementara ruangan gawat darurat.

Saat ini status pasien, lanjutnya, masih disebut terduga terpapar virus corona. Pasien perlu menjalani pemeriksaan lain seperti pemeriksaan apus tenggorokan, pemeriksaan foto thorax dan laboratorium darah lainnya. Usai diperiksa kesehatan dasar, pasien langsung dibawa ke ruang isolasi di perawatan inap.

“Pasien dibawa oleh petugas medis melalui jalur khusus. Sehingga tidak berpapasan dengan pasien atau pun penunggu pasien di rumah sakit. Tidak ada imbauan menggunakan masker kepada seluruh pengunjung pasien,” ujar Tommy.(lip/rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *