Wuih, Pemkab Dapat Dana Bagi Hasil Rp224 M

by -32 views
WAN SETIAWAN Wakil Bupati Bogor

METROPOLITAN – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelontorkan bantuan dana kepada kota/kabupaten di tanah pasundan pada tahun anggaran 2020 ini.Kabupaten Bogor pun tak ketinggalan kebagian dana bantuan yang cukup fantastis, mencapai Rp239 miliar.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor juga diguyur dana bagi hasil dari pemprov Jabar sekitar Rp224 miliar. Kemana anggaran itu akan dialokasikan?

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan, mengatakan, pada 2020 ini, Pemkab Bogor kebagian jatah bagi hasil pada penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2020 sebesar Rp224 miliar.

Dana ratusan miliar itu rupanya porsinya bakal lebih banyak dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur ketimbang porsi non-infrastruktur.

“Ada dana bagi hasil dari pemprov itu, masuk sekitar Rp224 miliar, itu masuk ke kita,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Dana sebesar itu, sambung dia, sudah tertera alokasi pos kegiatan untuk anggaran itu. Menurutnya paling banyak akan digunakan justru untuk pembangunan infrastruktur, terlebih untuk persiapan menyambut Piala Dunia U-21 pada 2021 mendatang, sarana parasaran seperti Stadion Pakansari.

“Untuk alokasi, waktu evaluasi dengan gubernur Jabar, kita sudah ajukan pos-nya. Ke dewan juga. Ya salah satunya untuk persiapan menyambut Piala Dunia U-21,” terang Iwan.

Sebab, kata dia, pembangunan menyokong kegiatan tersebut memang membutuhkan dana yang besar dan sangat terbantu oleh bantuan non-APBD Pemkab Bogor.

“Ya lebih ke infrastruktur. Alokasi lain ada, misalnya untuk PBI (Penerima Bantuan Iuran, red) BPJS warga Kabupaten Bogor, tapi saya lupa berapa alokasinya untuk itu. Yang jelas porsi yang besar-besar disitu untuk infrastruktur,” tukas Politisi Gerindra itu.

Sedangkan, untuk bantuan provinsi Jabar sendiri belum ada kabar berapa yang disetujui gubernur. Dari informasi yang sebelumnya beredar, ada sekitar Rp239 miliar.

“Belum tahu kalau soal itu.,” imbuhnya.

Hal itu diamini, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Asep Wahyuwijaya, yang menuturkan bahwa hingga saat ini, penetapan bantuan provinsi Jabar untuk kota/kabupaten se-Jabar masih menunggu peraturan gubernur (pergub) sebagai dasar hukumnya.

“Banprov belum ada pergub-nya. Nilainya (usulan, red)  dari pemkab mah ada. Tentu kalau sudah ada pergub-nya nanti akan dikabarkan,” tukasnya.

Politisi partai Demokrat itu juga tidak mengetahui alokasi apa saja pos anggaran yang bisa dikaver oleh banprov pada 2020. Namun itu sudah merupakan yang diusulkan oleh Pemkab Bogor, baik nilai dan usulan kegiatan.

“Usulan mah dari Pemkab Bogor. Alokasi kegiatan kita belum tahu. Akan jelas saat sudah ada pergub-nya,” tuntas Asep. (ryn/c/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *