35 Pelajar Indonesia Kunjungi Kampus Universitas Harvard

by -
HEBAT: Puluhan siswa SMA Labscholl yang berangkat ke Univer-sitas Harvard untuk mengikuti konferensi simulasi sidang PBB tingkat SMA sedunia.

METROPOLITAN – Konferensi simulasi sidang PBB tingkat SMA sedunia kembali digelar oleh Universitas Harvard. Simulasi sidang PBB di kampus ternama dunia tersebut dikenal dengan nama Harvard Model United Nations (HMUN). Ajang kompetisi sidang PBB yang didakan Universitas Harvard ini diselenggarakan pada 30 Januari-2 Februari 2020 di Hotel Sheraton, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat. Tahun 2020 merupakan pelaksanaan HMUN ke-67.

Bagi para siswa di dunia, mengikuti HMUN merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Sebab HMUN menjadi konferensi model simulasi sidang PBB tertua dan sangat bergengsi di level internasional. Hal itu terbukti dengan banyaknya jumlah peserta hingga mencapai 4.056 siswa, yang berasal dari 52 negara seantero dunia. Seperti Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Belanda, Turki, Bangladesh, Cina, India, Nigeria, Ethiopia, Rusia, Selandia Baru, dan Indonesia tentunya. Dan jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya.

Dari 52 negara yang berpartisipasi, Indonesia adalah salah satu negara yang berperan serta. Kali ini SMA Labschool Jakarta kembali menjadi satu-satunya sekolah nasional yang hadir memenuhi undangan Harvard.

“Tahun ini SMA Labschool Jakarta membawa 35 siswa menjadi delegasi HMUN. Para siswa pilihan tersebut sekarang sedang berlomba, berperan menjadi diplomat di antara ribuan siswa lainnya. Ini adalah kali ke-6 kami mengikuti HMUN,” kata Kepala SMA Labschool Jakarta, Suparno Sastro.

Ia mengucapkan terima kasih kepada pihak Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) di PBB, New York , khususnya Dubes PTRI Dian T Djani yang beberapa hari sebelumnya menerima kunjungan dan memberikan motivasi sekaligus inspirasi, bagaimana menjadi seorang diplomat di PBB kepada para siswa Labschool di Wisma PTRI, New York.

“Para delegasi Labschool juga berkesempatan mengunjungi markas besar PBB di New York,” ujar Suparno. (rol/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *