46.450 Pelajar Ikut Kompetisi Matematika Tingkat Nasional

by -
KOMPETISI: Ribuan pelajar saat mengikuti Kompetisi Matematika serentak di 49 kota/kabupaten dari 26 provinsi, kemarin.

METROPOLITAN – Sebanyak 46.450 pelajar SD sampai SMA kembali adu kemampuan matematika di babak semifinal Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) se-Indonesia ke-15 yang digelar serentak di 49 Kota Kabupaten dari 26 provinsi, Minggu (23/2).

Mereka berkompetisi menjadi yang terbaik untuk bisa mendapatkan tiket menuju babak final KMNR se-Indonesia ke-15 di Jakarta pada 12 April 2020.

Kepala Divisi Pelatihan dan Lomba Klinik Pendidikan MIPA (KPM), Herman Hadiwijaya, mengatakan, Semifinal KMNR 15 merupakan prestasi para siswa terbaik se-Indonesia di bidang Matematika.

KMNR merupakan kompetisi bertaraf nasional terbesar se-Indonesia. Tercatat, lebih dari 130 ribu peserta mengikuti babak penyisihan. Sedangkan peserta yang mengikuti babak semifinal sebanyak 46.450 (36 persen dari total penyisihan).

Prestasi ini tentu harus diiringi rasa syukur dan motivasi lebih kuat untuk maju ke babak final. Selain rasa syukur, Herman juga menegaskan pentingnya integritas dalam mengikuti babak semifinal.

“Agar tercipta kompetisi yang sehat dan berkualitas, peserta dan panitia diharapkan senantiasa menjaga kejujuran, profesionalisme dan sportivitas yang tinggi,” lanjutnya.

Tak hanya itu, KPM juga menyelenggarakan Babak Penyisihan Olimpiade Guru Matematika (OGM) se-Indonesia ke-5 dengan jumlah peserta mencapai 1.020 guru SD hingga SMA dari 28 wilayah di seluruh Indonesia.

Herman mengatakan, OGM adalah sarana para guru yang memiliki kemampuan lebih di bidang matematika untuk menjaga kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya Matematika, agar semakin teruji dan kompetitif.

Tugas guru selain mengajar harus terus belajar agar tujuan negara dalam mencerdaskan kehidupan bangsa semakin lebih terarah.(re/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *