7 Sekolah Gagal Serap Dana Tablet Rp2,9 Miliar

by -

METROPOLITAN – Tujuh sekolah tingkat SD dan SMP di Kota Bogor gagal menyerap dana Rp2,9 miliar bantuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dana ini diperuntukkan bagi sekolah untuk pembelian 1.402 unit tablet.

Adapun ketujuh sekolah yang gagal menyerap ban-tuan yang dialokasikan mel-alui dana Bantuan Operasio-nal Sekolah (BOS) itu di an-taranya SDN Loji 1, SDN Tajur 1, SDN Tajur 2, SDN Semplak 2, SMPN 2, SMPN 1 serta SMPN 11 Bogor.

Sementara anggaran dana tablet sendiri sesuai Surat Keputusan Menteri Pendidi-kan dan Kebudayaan (Men-dikbud) Republik Indonesia Nomor: 320/P/2019 tentang Satuan Pendidikan Penerima Bantuan Operasional Sekolah Afirmasi dan Bantuan Ope-rasional Sekolah Kinerja 2019.Kepala SMPN 2 Kota Bogor, Ema Mustikawaty, membe-narkan jika sekolah yang di-pimpinnya menerima dan belum bisa menyerap ang-garan dari Kemendikbud.

Ia beralasan belum berani mem-belanjakan uang itu karena anggaran tersebut belum memiliki payung hukum yang kuat.

“Kita masih menunggu Su-rat Keputusan Gubernur Jawa Barat tentang juklak-juknis penggunaan dana bantuan itu. Waktunya pun mepet, sehingga tidak mungkin di-belanjakan,” katanya.

“Sudah disepakati bantuan ini kita tunda sampai angga-ran perubahan Oktober 2020. Sementara waktu, uang yang ada kita silpakan sambil menunggu waktu yang tepat. Sebab, pembelanjaannya ha-rus melalui prosedur yang benar dan kita hindari ban-tuan ini tidak menimbulkan masalah,” sambungnya.

Hal senada disampaikan Kepala SDN Loji 1 Kota Bogor, Siti Rukoyah. Melalui Surat Pernyataannya No-mor:421.1/087/LJI/XII/2019, Rukoyah menyatakan.

“SDN Loji 1 belum merealisasikan belanja untuk dana BOS Ki-nerja yang jumlahnya Rp129 juta, karena ada beberapa pertimbangan,” terangnya.

“Selain belum diterbitkannya SK Gubernur Jawa Barat ter-kait penggunaan dana BOS, kinerja ini waktunya sangat mepet dan tidak mungkin dibelanjakan. Pihak sekolah belum punya tenaga ahli di bidang itu. Untuk uangnya masih tersimpan di rekening sekolah,” tulis pernyataan Siti Rukoyah. (ber/ar/rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *