Anak Balita Perlu Kalsium

by -

METROPOLITAN – Kita semua tahu bahwa kalsium sangat baik bagi pertumbuhan tulang dan gigi, dan sumber kalsium yang tinggi terdapat pada susu. Tapi bagi beberapa orang tua, memberikan susu pada balitanya jadi tantangan tersendiri karena buah hatinya tidak suka susu!

Ada 5 hal yang perlu orang tua ketahui mengenai susu, kalsium, dan bagaimana mendukung pertumbuhan tulang anak.

“Kalsium sangat penting bagi pertumbuhan tulang, terutama ketika anak sedang dalam masa pertumbuhan di antara usia 9-18 tahun,” kata dr. Shafran.

“Saat usia anak mencapai 20 tahun, pertumbuhan massa tulangnya sudah mencapai puncaknya. Semakin kuat tulang mereka, maka semakin rendah juga risiko osteoporosis di masa mendatang.” Pediatri asal Amerika Serikat David Shafran, MD.

Usai masa pubertas, asupan kalsium yang dikonsumsi anak hanya berguna untuk mempertahankan kekuatan tulang, bukan lagi meningkatkan pertumbuhan.

“Kalsium yang dibutuhkan orang dewasa setiap hari 1.000-1.300 mg,
tetapi ini hanya untuk membantu memperbaiki tulang yang rusak selama hidup.”ujarnya

Sumber kalsium terbaik berasal dari susu dan produk olahannya.

“Susu, yogurt, keju, dan produk olahan susu lainnya merupakan cara terbaik dan termudah dalam mengkonsumsi kalsium,” kata dr. Shafran.

1 cangkir (8 ounze atau sekitar 236,56 ml)* susu mengandung sekitar 300 mg kalsium. Jadi 1-2 cangkir susu per hari cukup mendekati asupan harian yang dibutuhkan balita Anda. “Jika Anda menggantinya dengan susu cokelat atau es krim, boleh juga.”tandasnya (tib/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *