Anggaran Perbaikan Fasilitas Pildun Terkendala Pusat

by -
BAMBANG SETIAWAN Kepala Dispora

METROPOLITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor tengah dibuat pusing dengan persyaratan untuk Stadion Pakansari, yang didaulat sebagai salah satu dari enam venue Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.

Yakni menyediakan lima stadion atau lapangan penunjang untuk latihan peserta. Selain belum lengkapnya lima lapangan, rupanya terkendala juga soal anggaran.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Bambang Setiawan, mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan berbagai hal guna melengkapi persyaratan venue utama dari federasi sepakbola tertinggi dunia FIFA itu.

Ia mengakui, saat ini untuk anggaran demi pemenuhan kelengkapan tersebut, Pemkab Bogor rupanya masih menunggu informasi dari pemerintah pusat.

“Kami sedang persiapkan semua supaya lengkap persyaratan itu. Nah soal anggarannya, kita masih menunggu informasi lebih lanjut dari (pemerintah) pusat,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Termasuk, sambung dia, persiapan untuk meminjam pakai stadion milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Stadion Pajajaran, sebagai fasilitas penunjang keempat. Setelah Stadion Mini Persikabo, lapangan luar Stadion Pakansari dan lapangan milik sekolah swasta di bilangan Sentul.

“Belum. Kita belum survei kesana (Stadion Pajajaran, red),” imbuh mantan Camat Ciawi itu.

Kemungkinan besar, kata Bambang, anggaran untuk kelengkapan persyaratan lapangan penunjang plus pembenahan stadion utama Stadion Pakansari bakal ditopang oleh pemerintah pusat.

“Kemungkinan seperti itu. Tapi nanti kita dapatkan konfirmasi lengkapnya dulu, ” paparnya.

Ia menambahkan, Stadion Pakansari akan diperbaiki semua fasilitas stadion, sesuai dengan persyaratan yang disarankan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan FIFA. Mulai arena luar, yaitu plaza utara dan plaza selatan.

“Apalagi didalam Stadion Pakansari itu sendiri. Bupati Bogor Ade Yasin dengan jelas sangat siap menjadi tuan rumah terbaik untuk Piala Dunia U-20 ini,” tuturnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dispora Kota Bogor, Hery Karnadi, mengakui, wacana peminjaman Stadion Pajajaran oleh Pemkab Bogor untuk menunjang Piala Dunia U-20 di Stadion Pakansari sudah sampai ke telinganya.

Sejak beberapa waktu lalu, kata dia, pihak Stadion Pakansari sudah berkomunikasi dengan dirinya untuk merencanakan pengecekan lapangan.

Namun, sampai saat ini belum ada waktu pasti kapan akan datang ke stadion markas PSB Bogor itu.

“Sempat kontak, koordinasi untuk cek lapangan. Tapi sampai sekarang mereka belum datang kesini. Ya komunikasi informal lah, belum ada surat resminya masuk kesini,” tuntas mantan Kasatpol PP Kota Bogor itu. (ryn/c/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *