Bahu Membahu Bantu Korban Bencana

by -
DISKUSI: DPD KNPI Kabupaten Bogor menggelar FGD bersama perwakilan OPD di gedung KNPI Cibinong, kemarin.

METROPOLITAN – DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bogor menggelar Forum Group Discussion (FGD) bertema ‘Pengkajian Kebutuhan Pasca-Bencana Kabupaten Bogor’ bersama berbagai perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di Gedung KNPI, Cibinong, kemarin. Sejauh mana penanganan bencana yang dilakukan pemerintah, menjadi dasar para pemuda untuk bermitra bersama menangani persoalan ini.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Bogor, Fikri Ikhsani, mengatakan, ada dua tujuan digelarnya FGD bersama para OPD se-Kabupaten Bogor. Pertama, pihaknya ingin melihat, sejauh mana penanganan pasca-bencana yang dilakukan pemeritah pusat, provinsi Jawa Barat hingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, sehingga menjadi dasar untuk para pemuda bermitra dengan pemerintah menangani pasca-bencana.

“Bersama seluruh OKP Kabupaten Bogor, siap jadi mitra pemerintah dalam penanganan becana. Kedua, kami apresiasi jajaran pimpinan, mulai dari bupati, kapolres, dandim, danrem dan pemerintah provinsi serta pusat. Juga besama masyarakat yang bahu membahu menangani ini,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Dari FGD ini, sambung dia, akan ada rekomendasi yang akan disampaikan kepada bupati, berupa saran dan masukan serta pertimbangan penanganan bencana. Lalu bersama menjadi mitra menangani hal itu. Apalagi, kata Fikri, DPD KNPI terdiri dari berbagai latar belakang, sehingga akan sangat bermanfaat saat berperan dan terlibat langsung dalam penanganan bencana.

“Ada lintas SKPD, jadi kita tahu bagaimana dilapangan. Dan kedepan seperti apa, ada rencana Huntara, Huntap, serta penanganan non fisik ya, ekonomi, dan lainnya. Keterlibatan pemuda itu diperlukan. Kita ini kan terdiri dari berbagai elemen, pengusaha, birokrat, dan lainnya. Sehingga kepemudaan juga perlu ada peran dan jadi mitra bermanfaat,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Mitigasi Bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Bogor Dede Armansyah menuturkan, saat ini sedang memasuki tahap pemulihan pasca bencana. Ia mengakui, persoalan yang ada tidak hanya soal infrastruktur, tapi juga permasalahan sosial seperti perlunya dilakukan trauma healing. Sehingga, sinergi dengan pihak lain seperti KNPI bakal mempermudah penanganan pasca-bencana.

“Ada fisik dan non-fisik, ini perlu penanganan bersama pula. Ini dasar jadi sinergi bersama menangani kebencanaan. Termasuk kedepan kesiapsiagannya,” tuntasnya. (ryn/c/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *