Bangun Tugu Piala Dunia U-20, Bogor Ratakan Belasan Bangunan

by -

METROPOLITAN.id – Kabupaten Bogor terus berbenah untuk menyambut Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Di antaranya dengan menata aksesibilitas dan mempercantik kawasan Stadion Pakansari yang masuk dalam list venue pertandingan bertaraf internasional tersebut.

Salah satu langkahnya adalah melakukan penataan kawasan Simpang Sirkuit Sentul yang menjadi salah satu akses utama menuju Stadion Pakansari. Di area tersebut, akan dibangun juga tugu FIFA Word Cup U-20 sekaligus tugu selamat datang.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor Suryanto Putra mengatakan, sejauh ini, proses penataan kawasan Simpang Sirkuit Sentul terus digeber.

Pihaknya sudah meratakan 15 bangunan yang sudah dibebaskan untuk mewujudkan pembangunan tugu yang juga diharapkan menjadi ikon baru di Bumi Tegar Beriman.

“Nanti di situ ada bundaran, ada tigu juga. Kita sudah ratakan sekitar 15 bangunan yang sudah dibebaskan sejak tahun lalu,” kata Suryanto, Selasa (25/2).

Menurutnya, proses perataan bangunan akan rampung akhir bulan ini. Setelah itu, proses pembangunan bakal dikebut setelah proses Detail Engineering Desain (DED) selesai dibuat.

“Targetnya sih sebelum Maret selesai (perataan bangunan). Karena ada juga yang tidak bisa pakai alat, seperti pondasi pembongkarannya harus manual,” terangnya.

Terpisah, Bupati Bogor Ade Yasin optimisi penataan jelang Piala Dunia U-20 bisa selesai di tahun ini. Meskipun DED dan pengerjaannya juga baru dikerjakaan di tahun yang sama pada 2020.

Secara keseluruhan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelontorkan anggaran daerag sebesar Rp300,647 miliar untuk menata infrastruktur dan aksesibilitas menuju Stadion Pakansari.

Anggaran tersebut tersebar di sejumlah dinas seperti PUPR, Dispora dan DPKPP.

“Memang banyak yang harus diperbaiki. Mulai dari aksesibilitas hingga stadionnya. Semua kita lakukan,” tandas Ade Yasin. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *