BWF Tunda China Masters 2020

by -
SEMANGAT: Anthony Sinisuka Ginting saat berlaga di Final Hong Kong 2019.

METROPOLITANFederasi Bulutangkis Dunia (BWF) secara resmi menunda penyelenggaraan China Masters 2020 Super 100. Penundaan disepakati BWF bersama Asosiasi Bulutangkis China (CBA) karena dampak dari wabah virus korona yang melanda wilayah Negeri Tirai Bambu tersebut.

Turnamen China Masters 2020 Super 100 ini sendiri sejatinya akan berlangsung di Kota Lingshui pada 25 Februari hingga 1 Maret 2020. Tetapi, penyelenggaraan akhirnya dipastikan akan ditunda lantaran wabah virus korona yang kini tengah merebak di China.

Dalam pernyataannya yang dirilis pada Sabtu (1/2), BWF mengatakan bahwa keputusan diambil setelah mempertimbangkan beragam risiko. Batas waktu penundaan sendiri belum ditentukan sampai saat ini. Tetapi, pihak BWF membuka kemungkinan untuk menyelenggarakan turnamen itu pada Mei.

China Masters 2020 Super 100 ini sendiri menjadi salah satu turnamen penting dalam penghitungan poin untuk kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Dengan kemungkinan turnamen baru akan diselenggarakan pada Mei, poin yang diraih pada ajang China Masters 2020 pun dipastikan tidak lagi berkontribusi pada kualifikasi Olimpiade karena akan berada di luar masa penghitungan.

BWF sendiri memastikan akan terus memantau perkembangan virus korona karena dapat memengaruhi kalender World Tour BWF dan turnamen yang disetujui BWF lainnya. Saat ini, BWF memastikan baru melakukan perubahan terhadap ajang China Masters 2020 Super 100. Sementara untuk turnamen lainnya, belum ada keputusan yang dibuat.

BWF dan CBA telah mempertimbangkan semua risiko kesehatan, keselamatan, dan logistik yang diperlukan dan kedua belah pihak yakin untuk menunda turnamen (Lingshui China Masters 2020) saat ini. Dapat dicatat bahwa banyak pemain telah mengundurkan diri dari turnamen,” tulis BWF dalam pernyataannya yang dirilis Sabtu (1/2).

Tanggal penggantian yang tepat belum ditetapkan, tetapi opsi alternatif sedang dibahas dengan slot waktu baru pada Mei yang ditetapkan sebagai suatu kemungkinan,” lanjut tulisan tersebut.(okz/rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *