Empat Kandidat Maju Jadi Caketum PAN

by -

METROPOLITAN – Kontestasi pemilihan Ketua Umum PAN periode 2020-2025 memasuki babak baru. Kabarnya, ada sebanyak empat kandidat yang akan maju sebagai calon ketua umum (Caketum) di Kongres V PAN yang akan berlangsung selama dua hari, Senin-Rabu (10-12/2) di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Adapun Caketum yang dipastikan maju diantaranya, Waketum PAN Mulfachri Harahap, Waketum PAN Asman Abnur, Wakil Ketua Dewan Pembina PAN Dradjad Wibowo dan Zulkifli Hasan yang saat ini merupakan Ketua Umum PAN.

“Sudah ada empat kandidat yang menyatakan akan maju dalam perhelatan kongres. Mereka adalah Asman Abnur, Mulfachri Harahap, Zulkifli Hasan dan Dradjad Wibowo,” kata Sekretaris Panitia Pengarah Kongres V PAN, Saleh Daulay.

Menurut laporan yang ia terima, para kandidat sudah melakukan sosialiasi demi menjaring dukungan ke pengurus wilayah. Selanjutnya, kata Saleh, pendaftatan Caketum PAN dibuka pada 8 Februari 2020.

“Keempat kandidat ini telah resmi menyatakan kesediannya untuk ikut berkompetisi dalam pesta demokrasi internal PAN tersebut. Bahkan menurut laporan yang diterima, mereka juga telah turun ke wilayah dan daerah untuk melakukan sosialisasi,” ucap dia.

Saleh yakin keempat kandidat tersebut layak bersaing memperebutkan kursi Ketua Umum PAN.

“Dari keempat calon yang ada, saya yakin semuanya memenuhi persyaratan. Mereka adalah kader-kader terbaik PAN yang ada. Tinggal pengukuhan mereka secara resmi nanti akan dilakukan di kongres,” imbuhnya.

Dirinya menambahkan, pemilihan ketua umum akan melalui mekanisme musyawarah mufakat. Namun, Saleh mengatakan tak menutup kemungkinan keputusan dilakukan dengan mekanisme voting.

“Dalam AD/ART PAN, pengambilan keputusan diutamakan musyawarah mufakat. Namun jika tidak bisa tercapai mufakat, maka akan dilakukan pemungutan suara. Saya kira, ini proses normal dan biasa dalam demokrasi,” ujarnya.

Sekadar diketahui, ada 590 pemilik suara untuk pemilihan ketua umum PAN yang terdiri dari 34 dewan pimpinan wilayah (DPW), 514 dewan pimpinan daerah (DPD) serta hak suara ketua, sekretaris jenderal dan bendahara umum.(kom/rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *