Galian Clay PT MKK Bikin Resah Warga

by -
LICIN: Kondisi Jalan Raya Jonggol-Cariu menjadi kotor dan licin akibat aktivitas galian clay PT MKK. Hal ini sangat membahayakan pengguna jalan yang melintas

METROPOLITAN – CARIU  Aktivitas galian clay di wilayah Bogor Timur membuat resah pengguna jalan. Salah satunya keberadaan PT Mitra Kartika Karya (MKK) di Kampung Dogol, Desa Cibatutiga, Kecamatan Cariu.

Hal itu lantaran di musim penghujan seperti sekarang ini, aktivitas pengangkutan hasil galian masih saja dilakukan perusahaan sehingga mengakibatkan Jalan Raya Jonggol-Cariu menjadi kotor dan licin sehingga membahayakan para pengguna jalan yang melintas.


Salah satu pengguna jalan, Imam (29), mengatakan, aktivitas galian clay tersebut sudah sangat mengganggu pengguna jalan. Tak hanya itu, keberadaan lumpur dan tanah yang menutupi badan jalan sangat berbahaya bagi pengguna sepeda motor.

“Saya kalau melintasi jalur galian itu selalu hati-hati, soalnya jalan banyak tanah jadi kalau musim huja seperti sekarang ini jalan jadi licin. Belum lama ini juga ada yang terjatuh gara-gara licin, untung saja gak sampai terlindas truk.” ungkapnya.

Menurut Imam, pemerintah seharusnya lebih peka terhadap keselamatan masyarakat dan minta secepatnya agar diberhentikan agar pengguna jalan bisa dengan nyaman berkendara.

“Inginnya sih kalo bisa di musim hujan sekarang ini ditutup aja, soalnya ngebahayain pengguna jalan. Pemerintah juga harus peka sama keselamatan masyarakat agar tidak ada korban.” uajrnya.

Sementara itu, Anggota Dewan Komisi lll DPRD Kabupaten Bogor, Achmad Fathoni mengatakan, Pihaknya akan mengecek keberadaan PT MKK itu sudah berizin atau belum di ESDM. Nanti walaupun ditemukan ternyata izinnya sudah ada, pihak perusahaan seharusya tetap mematuhi peraturan tentang keselamatan para pengguna jalan lain.

“Kita akan minta ESDM Provinsi Jawa Barat untui mengeceknya, apakah berijin atau tidak dan kalaupun berijin, kita minta perusahaan mematuhi aturan yang berlaku, salah satunya terkait keamanan pengguna jalan lain.” ujarnya.

Jika membahayakan pengguna jalan, lanjut Fathoni, dirinya akan berkoordinasi dengan Kecamatan Cariu agar dihentikan sementara selama musim penghujan. Jika masih tidak diindahkan, Anggota dewan dan pihak terkait akan melakukan sidak dan menutup sementara aktivitas penambangan PT MKK tersebut.

“Kita minta kepada aparat setempat yaitu Kades, Camat melalui Satpol PP nya untuk menegur dan jika tidak diindahkan, kita akan turun ke lapangan agar dihentikan dulu operasionalnya,“ kata Fathoni.

Sampai berita ini diturunkan pihak PT MKK belum bisa dimintai keterangannya. (zis/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *