Makan Rambutan Bisa Sehatkan Tulang

by -

METROPOLITAN – Mengkonsumsi rambutan ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan. Misalnya, menyangkut diabetes, kesehatan jantung sampai menurunkan risiko kanker.

BANTU PENGOBATAN DIABETES

Bagi para penyandang diabetes yang tidak disarankan mengonsumsi gula berlebih padahal masih membutuhkannya sebagai sumber energi, rambutan bisa dijadikan alternatif. Sebuah studi di China mengungkapkan jika kulit rambutan memiliki sifat anti-diabetes. Biasanya kulit rambutan direbus, lalu airnya diminum yang bermanfaat menurunkan kadar glukosa di dalam tubuh.

MENINGKATKAN KESEHATAN JANTUNG

Sama seperti buah lainnya, rambutan mengandung serat yang terbilang tinggi sehingga mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Serat dapat membantu mengobati hipertensi dan menurunkan kadar kolesterol.

MENINGKATKAN KESEHATAN TULANG

Mineral lain yang terkandung dalam rambutan adalah fosfor sehingga membantu pembentukan tulang. Selain itu, ada pula vitamin C yang bermanfaat bagi kesehatan tulang.

MEMBANTU MENCEGAH KANKER

Rambutan adalah salah satu buah dengan kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan berfungsi melawan peradangan dan melindungi sel-sel di tubuh. Vitamin C dalam buah juga membantu menetralisir radikal bebas yang menyebabkan kanker tertentu. Di sisi lain, kulit rambutan dapat mengubah dan mengganggu pertumbuhan sel kanker sehingga bisa digunakan untuk pengobatan kanker.

MELINDUNGI TUBUH DARI INFEKSI

Penelitian menunjukkan jika rambutan memiliki sifat antibakteri dan antiseptik. Hal itu bermanfaat untuk melindungi tubuh dari banyak infeksi, mempercepat penyembuhan luka, dan mencegah pembentukan nanah.(okz/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *