Ngebut Siapkan 5 Lapangan Penunjang Piala Dunia

by -

METROPOLITAN – Stadion Pakansari, stadion sepakbola kebanggan masyarakat Kabupaten Bogor resmi ditetapkan sebagai satu diantara enam venue untuk gelaran Piala Dunia U-20 pada 2021. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor pun gerak cepat untuk berbenah.

Sebab sebagai salah satu tuan rumah, harus memenuhi syarat FIFA dengan memiliki  lima lapangan penunjang untuk latihan para peserta perhelatan dua tahun sekali itu.

Pekerjaan Rumah (PR) besar pun menanti. Apalagi hingga kini baru ada tiga lapangan yang mumpuni dan memenuhi syarat menjadi fasilitas penunjang stadion utama Stadion Pakansari sebagai venue.

“Yang sudah ada yakni Stadion Mini Persikabo, lapangan luar Stadion Pakansari dan lapangan milik sekolah swasta di kawasan Sentul. Tinggal dua lagi, yang satu kami akan upayakan pinjam pakai stadion milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Stadion Pajajaran,” kata Bupati Bogor Ade Yasin kepada Metropolitan, kemarin.

Setelah itu, sambung dia, tinggal mencari satu stadion atau lapangan lain yang memenuhi syarat untuk jadi stadion penyokong kelima. Syaratnya, lapangan memang tidak terlalu jauh dari venue utama dan lapangan tertutup. Selain itu, kata dia, FIFA tidak mensyaratkan radius tertentu. Saat ini, Stadion Mini Persikabo sedang dalam perbaikan. Sedangkan lapangan luar Pakansari sudah siap serta lapangan yang di sekolah di Sentul itu juga sudah siap pakai.

“Yang penting ada lima stadion terdekat. Tinggal satu lagi, belum dapat lokasi pastinya. Yang pasti kita bakal ngebut untuk ini, baik untuk perbaikan atau mencari lapangan yang kelima. Masih mencari. kalau ada ya nggak perlu bikin, kalau terpaksa dan nggak ada juga, ya kita akan bikin supaya dekat,” ujar AY, sapaan karibnya.

Asalkan, kata dia, tidak terlalu jauh dan tidak berada di kecamatan lain selain Cibinong Raya.

“Kalau di kota (Bogor) kan dekat lah, lewat tol bisa, atau pakai voreijder juga cepat. Stadion Pajajaran kita pasti pinjam juga. Tinggal satu lagi,” imbuh Ketua DPW PPP Jawa Barat itu.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Bogor Bima Arya mengakui hingga kini belum ada informasi resmi dari Pemkab Bogor yang berniat meminjam Stadion Pajajaran, untuk lapangan pendukung latihan para peserta Piala Dunia tingkat junior itu.

Namun, pria 47 tahun itu mengaku dengan senang hati dan tanpa ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi Pemkab Bogor dalam meminjam stadion yang belakangan jadi kandang tim sepakbola lokal PSB Bogor itu.

“Kabar ini belum sampai ke kita secara resmi. Ya kalau dimintai untuk dipinjam kita siap, nggak ada syarat apa-apa. Dengan senang hati kok,” tuntas Bima melalui pesan singkat. (ryn/c/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *