Sambut Piala Dunia U-20 di Kabupaten Bogor

by -
DIBONGKAR: Satu alat berat disiapkan untuk membongkar bangu-nan di Simpang Sentul, Kabupaten Bogor, kemarin. Pembongkaran tersebut untuk menyiapkan even Piala Dunia U-20.

METROPOLITAN – Menjelang bergulirnya Piala Dunia U-20 pada 2021, di Stadion Pakansari, Cibinong, sebagai salah satu venue utama, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor tak cuma bergegas memperbaiki dan menambah kualitas stadion dan lapangan, namun juga tengah mengebut pembangunan taman Tugu World Cup di sekitaran Simpang Pintu Tol Sirkuit Sentul.

Pembangunan taman dan monumen Selamat Datang itu pun kini tengah dikebut dan mulai dilakukan pembongkaran.

Bupati Bogor, Ade Yasin, mengatakan, pembebasan lahan untuk taman tersebut sudah selesai pada 2019, sehingga pembongkaran bisa dilakukan sejak beberapa waktu lalu.

Sehingga ia menyebut, pembongkaran hingga pembangunan tidak akan membutuhkan waktu lama.

Saat ini, sambung dia, Detail Engineering Design (DED) untuk pembangunan taman dan tugu tengah digarap, yang nantinya setelah rampung bakal dilanjutkan dengan penataan dan pelaksanaan.

“DED dan pelaksanaan pembangunan Taman dan Tugu itu dilakukan bersama-sama di tahun ini. Kami optimis penataan, semuanya, untuk menyambut Piala Dunia U-20 pada 2021 di Stadion Pakansari Cibinong, bakal terealisasi tahun ini,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Menurutnya, Pemkab Bogor sudah menyiapkan anggaran daerah sekitar Rp300,6 miliar, demi melakukan berbagai penataan infrastruktur dan akses jalan, sejak pintu Tol Sirkuit Sentul hingga Stadion Pakansari.

Anggaran tersebut pun disebar ke berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) hingga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora)

Wanita yang juga Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jawa Barat itu mengakui, banyak hal yang mesti ditata dan diperbaiki untuk menjadi tuan rumah terbaik.

Mulai dari teknis stadion utama, lapangan pendukung, sampai dengan penataan aksesibilitas peserta dan penonton. Mulai dari pintu tol hingga Stadion Pakansari.

“Karena memang banyak yang harus kita tata, kita bangun dan perbaiki, demi kesuksesan jadi tuan rumah,” tukas AY, sapaan karibnya.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor Juanda Dimansyah menuturkan untuk membangun taman dan Tugu World Cup di simpang pintu Tol Sirkuit Sentul, Pemkab Bogor mengalokasikan anggaran kurang lebih Rp4 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2020 dengan DPKPP sebagai pengguna anggaran.

Ia menambahkan, pembangunan taman dan tugu tersebut memang hanya sebagian kecil dari penataan yang dilakukan, karena di DPKPP saja, kurang lebih disediakan anggaran Rp17 miliar.

“Dari mulai (pintu tol) Sentul kita akan buat taman besar, ya tugu selamat datang di Kabupaten Bogor dengan jargon Sport and Tourism. Menyambut Piala Dunia nanti. Nilainya kurang lebih Rp4 miliar,” katanya saat ditemui Metropolitan di ruangannya.

Untuk lokasi, sambung dia, sudah dilakukan pembebasan lahan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan tinggal menunggu eksekusi.

Saat ini, tengah dikebut pembuatan Detail Engineering Design (DED) pembangunan taman dan tugu tersebut.

Juanda sendiri menergetkan DED bisa segera rampung, sehingga April sudah mulai lelang pekerjaan fisik dan pekerjaan bisa selesai akhir tahun 2020.

“Yang jelas saat ini pembebasan lahan sudah beres, tinggal bongkar. Jumlah Rp4 miliar itu termasuk penataan underpass-nya itu. Ada lampu-lampu. Dari DED itu nanti kelihatan, dari luasan taman, berapa yang dibutuhkan untuk tugu-nya. Nanti kita ukur,” paparnya.

Selain itu, kata dia, ada penataan median jalan dari alternatif Sentul hingga Pakansari, dengan menambahkan lampu-lampu Penerang Jalan Umum (PJU) dan tanaman disepanjang jalan kurang lebih tiga kilometer itu.

Untuk anggarannya, Juanda menyebut akan dialokasikan sebesar Rp7 miliar untuk menata median jalan tersebut

“Penataan median jalan Sentul-Pakansari sepanjang kurang lebih tiga kilometer, anggarannya Rp7 miliar. Pake lampu PJU, pohon-pohon juga dan ornamen lain,” ucapnya.

Terakhir, untuk melengkapi itu, pihaknya bakal mengadakan videotron di tiga titik, salah satunya di Taman Simpang Sentul itu.

Dua lagi di Stadion Pakansari dan Gerbang Tegar Beriman.

“Ukurannya 4×8 meter dengan masing-masing telan biaya Rp2 miliar, total tiga unit jadi Rp6 miliar,” pungkas Juanda.

Rinciannya, untuk menata dan mempercantik median jalan dari simpang Sentul hingga Stadion Pakasari sepanjang tiga kilometer dengan biaya Rp7 miliar.

Plus, untuk pengadaan tiga unit videotron dengan total Rp6 miliar, yang akan di tempatkan di sekitaran taman Tugu World Cup di Stadion Pakansari dan pintu masuk Tegar Beriman. (ryn/c/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *