Tambah Debit Air di Bogor Barat

by -
TINJAU: Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Deni Surya Senjaya (helm kuning) saat meninjau uji coba penggunaan in line pump di Jalan Sedane, Empang, Kecamatan Bogor Selatan.

METROPOLITAN – Selasa (21/1), Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor melaksanakan uji coba penggunaan in line pump di wilayah Jalan Sedane, Empang, Kecamatan Bogor Selatan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah pejabat struktural Direktur Utama Deni Surya Senjaya, Direktur Teknik Syaban Maulana, Direktur Umum Rino Indira Gusniawan, Manajer NRW Transmisi dan Distribusi Nasrul Zahar, Manajer Perawatan Dani Rakhmawan, Manajer Perencanaan dan Pengawasan Teknik Ardani Yusuf dan beberapa perwakilan asisten manajer.

Syaban menjelaskan bahwa fungsi in line pump untuk menambah tekanan dan debit air, khususnya di wilayah Bogor Barat.

“Hari ini Perumda Tirta Pakuan melakukan uji coba untuk pengoperasian in line pump. Ketika sudah berfungsi, pompa tersebut akan membantu pengaliran di wilayah Bogor Barat, seperti Bubulak, Sindangbarang, Gunungbatu, Balumbangjaya dan sekitarnya,” jelas Syaban.

Syaban menambahkan, kendala pengoperasian in line pump ini adalah kurangnya daya listrik.

“Kendala pengoperasian in line pump ini terletak pada daya listrik yang dibutuhkan cukup besar. Sehingga kita harus membangun terlebih dulu gardu listrik dengan pihak PLN,” katanya.

Hasilnya setelah uji coba in line pump dilaksanakan, nilai tekanan dan debit air meningkat beberapa bar.

“Alhamdulillah setelah pompa difungsikan, ada peningkatan tekanan dan debit air di beberapa wilayah. Bahkan ada wilayah yang tekanan air sebelumnya 0 bar meningkat menjadi 2.5 bar,” tutupnya.

Terpisah Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Deni Surya Senjaya menerangkan kehadiran inline pump tersebut untuk menambah tekanan dan debit air khususnya di wilayah Bogor Barat.

“Ini untuk mendorong pengaliran di wilayah Bogor Barat yang memiliki tingkat elevasi cukup tinggi. Seperti Bubulak, Sindang Barang, Gunung Batu, Balumbang Jaya dan sekitarnya,” kata Deni  kepada Metropolitan, kemarin (16/2).

Untuk pengaliran air di In line Pump Empang, saat ini sudah menyentuh 10 bar, dari sebelumnya kurang lebih 4 bar. Hal ini pun dianggap oleh Deni sebagai hal yang sangat baik dan sudah ideal.

Selain itu, Deni juga mengungkapkan target-target lainnya dari Perumda Tirta Pakuan Jaya, diantaranya Penambahan kapasitas di Palasari, bogor selatan 50 liter per detik, penambahan kapasiras Cipinang Gading 100 liter per detik, pembangunan Katulampa tahap II untuk 300 liter per detik, penurunan kehilangan Air 2,5 persen, penambahan jaringan tersebar di kota Bogor dan  penambahan pelanggan 5000 SR

“Tidak lupa juga untuk pembuatan Resevoar di Cibalagung kapasitas 3000 m3. Hal ini bertujuan untuk menjaga kepuasan pelanggan yang sejauh ini sudah baik, dimana hasil Survey IPB, rating kepuasan pelanggan naik, PDAM masih 3 besar tingkat Nasional,” ujarnya.(dil/b/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *