TNI Patroli di Aliran Sungai

by -
KHIDMAT: Anggota TNI dari Makodim 0621 Kabupaten Bogor saat upacara pembukaan TMMD, kemarin.

METROPOLITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berencana memberi 23 sepeda motor trail kepada Kodim 0621 Kabupaten Bogor, sebagai kendaraan operasional untuk mengawasi pembuang sampah ke sungai.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, sepeda motor tersebut akan diberikan ke anggota koramil, khususnya yang berada di wilayah dekat aliran sungai.

“Itu masukan dari ketua dewan, untuk menghidupi lagi Jumat Bersih (Jumsih). Jadi diharapkan teman-teman TNI ikut mengawal kebersihan sungai,” kata Ade Yasin saat meresmikan gedung Makodim Kabupaten Bogor, kemarin.

Ia berharap ke depan TNI mengawasi kebersihan aliranaliran sungai untuk mencegah masyarakat membuang sampah di sungai. Nantinya babinsa setiap hari menggunakan kendaraan tersebut untuk mengawasi sungai.

“Kalau ada yang tertangkap tangan, serahkan ke Satpol PP untuk ditindak. Kalau yang skala besar dibawa ke polisi. Jadi ada hukumannya,” beber Ade Yasin.

Sementara itu, Dandim 0621 Kabupaten Bogor Letkol Inf Harry Eko Sutrisno mengatakan, usulan bupati itu mengikuti langkah Korea Selatan, di mana tentara ikut mengawal kebersihan sungai.

“Di Korea, karena tidak ada perang terbuka, tentara ikut mengawasi sungai supaya tidak kotor. Mudah-mudahan bisa berjalan efektif. Nanti kendaraan itu disebar ke koramil-koramil,” pungkas Harry. (mul/c/yok/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *