Tugu World Cup Siap Sambut Piala Dunia 2021

by -

METROPOLITAN – Jargon sebagai City of Sport and Tourism rupanya bukan sekedar isapan jempol. Demi menyambut Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang dan wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Bogor, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bakal membangun taman dan Tugu World Cup di Simpang Pintu Tol Sirkuit Sentul.

Terpilihnya Stadion Pakansari sebagai salah satu venue utama gelaran sepakbola junior dunia itu memang jadi berkah bagi Bumi Tegar Beriman. Pembangunan taman dan monumen Selamat Datang itu pun kini tengah dikebut dan sudah mulai dilakukan pembongkaran.

“Sebab untuk pembebasan lahan disitu kan audah selesai semua pada 2019 lalu. Jadi kita bisa mulai lakukan pembongkaran sejak beberapa hari lalu, ini mungkin nggak butuh waktu lama,” kata Bupati Bogor Ade Yasin.

Saat ini, sambung dia, Detail Engineering Design (DED) untuk pembangunan taman dan tugu tengah digarap, yang nantinya setelah rampung bakal dilanjutkan dengan penataan dan pelaksanaan.

“Ya DED dan pelaksanaan pembangunan dilakukan bersama-sama di tahun ini. Tapi kami optimis penataan, semuanya, untuk menyambut Piala Dunia U-20 pada 2021 di Stadion Pakansari Cibinong, bakal terealisasi tahun ini,” ucap wanita berkacamata itu.

Ia menambahkan, Pemkab Bogor sendiri menyiapkan anggaran daerah tak kurang dari Rp300,6 miliar demi melakukan penataan infrastruktur dan akses sejak pintu Tol Sirkuit Sentul hingga Stadion Pakansari.

Dimana anggaran tersebut tersebar di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) hingga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

“Karena memang banyak yang harus kita tata, kita bangun dan perbaiki, demi kesuksesan jadi tuan rumah. Mulai dari teknis stadion utama, lapangan, sampai penataan aksesibilitas peserta dan penonton, dari mulai pintu tol hingga Stadion Pakansari,” tukas AY, sapaan karibnya.

Diketahui, untuk membangun taman dan Tugu World Cup di simpang pintu Tol Sirkuit Sentul, Pemkab Bogor mengalokasikan anggaran kurang lebih Rp4 miliar dengan DPKPP sebagai pengguna anggaran.

Pembangunan taman dan tugu tersebut memang hanya sebagian kecil dari penataan yang dilakukan, karena di DPKPP saja, kurang lebih disediakan anggaran Rp17 miliar.

Rinciannya, untuk menata dan mempercantik median jalan dari simpang Sentul hingga Stadion Pakasari sepanjang tiga kilometer dengan biaya Rp7 miliar. Plus, untuk pengadaan tiga unit videotron dengan total Rp6 miliar, yang akan di tempatkan di sekitaran taman Tugu World Cup, di Stadion Pakansari dan pintu masuk Tegar Beriman. (ryn/c/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *