Waduh… 93 Santri di Jonggol Keracunan Massal, 51 Dirawat

by -

METROPOLITAN.ID- Sejumlah santri Pondok Pesantren Madinatul Qur’an di Desa Singasari, Kecamatan Jonggol, Jawa Barat mengalami keracunan massal. Sebagian korban keracunan yang diduga disebabkan makanan ini dilarikan ke Puskesmas Jonggol dan RSUD Cileungsi.

Petugas PSM Kecamatan Jonggol, Dewi mengatakan santri berjumlah 93 orang. Sedangkan 51 orang diantarannya yang mengalami keracunan. 43 orang dirawat di RSUD Cileungsi dan 8 orang  dirawat di Puskesmas Jonggol. 

“Keracunannya itu dari makanan. Kejadiannya Usai makan sore pukul 16.30 WIB,” katannya. 

Dewi mengatakan, hasil pemeriksaan para santri mengalami pusing, mual. 12 santri di RSUD yang berangsur membaik sudah dipulangkan. “Nanti kita cek bersama Kapolsek ada tindak lanjutnya untuk mengambil sample makanan yang menyebabkan keracunan itu dari makanan apa atau sumber airnya yang di mana,” katanya.

Petugas UGD Puskesmas Sukamakmur yang berada di dekat lokasi, Teguh Yudiana mengatakan lokasi di Ponpes Madinatul Qur’an Jonggol mengalami keracunan makanan. Kejadian ini, belum diketahui secara detail. Hanya saja, kata dia, berdasarkan informasi yang diterima sebanyak 44 Korban dilarikan ke RSUD Cileungsi. “Ada 44 orang dilarikan ke RSUD Cileungsi dan puskesmas,” katanya.

Sementara pihak RSUD Cileungsi Kabupaten Bogor melalui akun Facebook resminya mengumumkan telah menangani Kejadian Luar Biasa (KLB).

“Saat ini RSUD cileungsi sedang menangani KLB yang diduga akibat dari keracunan, pasien berasal dari pondok pesantren daerah Jonggol. Jumlah yang ditangani saat ini 40 orang. Sebagian ditangani oleh Puskesmas. Kronologi kejadian masih memerlukan pemeriksaan sampel dan investigasi Iebih Ianjut. Kami akan memberikan pelayanan terbaik. Semoga korban dapat segera pulih. Salam sehat. @ RSUD Cileungsi Kabupaten Bogor,” tulis dalam keterangannya. (don/gi/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *