Waduh! Belum Berizin Sudah Ratakan Tanah

by -
RATAKAN: Aktivitas cut and fill dilakukan pengembang perumahan di Rancabungur, kemarin

METROPOLITAN – RANCABUNGUR  Pembangunan perumahan di wilayah Kecamatan Rancabungur belakangan ini sangat gencar, namun tak sedikit pengembang yang mengesampingkan aturan yang ada dengan nekat membangun sebelum memperoleh Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Kecamatan Rancabungur sendiri merupakan salah satu daerah yang mulai dikepung pembangunan perumahan bersubsidi tersebut.

Salah satu pembangunan perumahan yang diduga menyalahi aturan saat ini sedang mulai proses cut and fiil yang berada di Desa Rancabungur, Kecamatan Rancabungur, lebih tepatnya persis di belakang kantor pemerintah kecamatan. Pembangunan Perumahan tersebut diduga belum mengantongi IMB namun sudah melakukan perataan tanah.

Warga Kecamatan Rancabungur yang juga Anggota Swadaya Masyarakat (LSM) Suluh,

Supriadi menyayangkan, proses peraturan menyangkut perizinan belum dikantongi tapi ada pembiaran para pengembang perumahan membangun.

“Sungguh disayangkan proses perizinan belum keluar tapi sudah ada kegiatan pembangunan, walaupun itu hanya perataan,” katanya.

Seperti diketahui, proses memperoleh IMB sendiri cukup panjang, karena sebelum masuk Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) ada banyak syarat yang harus dipenuhi. Seperti tata ruang, persetujuan prinsip membangun dan izin lingkungan. Setelah itu baru bisa keluar IMB, jadi IMB itu produk akhir seteleh semua syaratnya terpenuhi

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Rancabungur, Edi Suwito, menjelaskan, saat akan dilakukan penghentian kegiatan di perumahan tersebut ada orang DPMPTSP yang melakukan survei.

“Kami sebagai pemerintah kecamatan saat akan penghentian ada dari dinas yang sedang survei, jadi kita tunggu aja dulu. Intinya yang kami tahu perizinan sedang di proses,” katanya.

Untuk mendapatkan informasi yang berimbang, wartawan media ini ke lokasi perumahan namun tidak ada satu pun yang bersedia memberikan penjelasan, sehingga sampai berita ini di turunkan belum ada keterangan dari pihak pengembang. (khr/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *