Wali Kota Bogor Razia Kendaraan Plat F, Ngapain Ya?

by -

METROPOLITAN.id – Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Jawa Barat, bekerjasama dengan Pemkot Bogor dan Polresta Bogor Kota menggelar razia pajak kendaraan bermotor (PKB) di jalan Pemuda, Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor, Selasa (18/2).

Wali Kota Bogor Bima Arya ikut turun langsung saat razia. Ia memeriksa STNK kendaraan untuk melihat status pajaknya.

Menurutnya, razia yaini bertujuan untuk memastikan kendaraan yang ada di Kota Bogor atau wajib pajak sudah menunaikan kewajibannya.

“Potensi pendapatan terbesar kan pajak. Pajak kendaraan ini kita berbagi dengan Jawa Barat dan ini harus maksimal. Makanya kita mau liat yang plat F ini bayar pajak apa enggak, karena nanti akan kembali lagi kepada kita untuk pembangunan,” kata Bima, Selasa (18/2).

Selain itu, peningkatan target pendapatan asli daerah (PAD) 2020 diharapkan bisa didukung oleh bagi hasil PKB.

Di tempat yang sama, Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Kota Bogor, Ekawati mengungkapkan, target pendapatan dari PKB di 2020 mengalami peningkatan. Dari pendapatan sekitar Rp280 miliar di 2019, naik menjadi Rp415 miliar.

“Karena saat ini kita fokusnya di PKB, karena PKB ini primadonanya Provinsi Jabar dan pendorong untuk PAD Kota dan Kabupaten di Jabar,” ungkap Ekawati.

Untuk mempermudah proses pembayaran, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga sudah memiliki aplikasi berbasis online yaitu Samsat Jebret dan Sambara yang bisa digunakan untuk mengecek dan membayar PKB. (dil/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *