Waspada! Hujan Akan Terus Mengguyur Jabodetabek Hingga Malam Hari

by -

METROPOLITAN.id – Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan diprediksi akan terus melanda sejumlah kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) hingga malam hari.

Selain hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, kilatan petir dan angin kencang juga menghantui beberapa wilayah di Jabodetabek.

Untuk wilayah Kabupaten Bogor, diprediksi akan mengalami hujan lebat. Di antara wilayah Babakanmadang, Bojonggede, Caringin, Cariu, Ciampea, Ciawi, Cibinong, Cibungbulang, Cigombong, Cigudeg, Cijeruk, Cileungsi, Ciomas, Cisarua, Ciseeng, Citeureup, Dramaga, Gunungsindur, Gunungputri, Jasinga, Kemang, Klapanunggal, Leuwiliang, Leuwisadeng, Megamendung, Nanggung, Pamijahan, Parung, Parungpanjang, Rancabungur, Rumpin, Sukajaya, Sukamakmur, Sukaraja, Tajur Halang, Tamansari, Tanjungsari, Tenjo, Tenjolaya dan Jonggol.

Lalu untuk Kota Bogor, seluruh kecamatan yang ada diprediksi akan diguyur hujan mulai dari sore hari sampai dini hari.

Sedangkan untuk wilayah DKI Jakarta, sebagian besar wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang sampai lebat.

Di Kota Depok, BMKG memprediksi hujan akan mengguyur kawasan Beji, Bojongsari, Cilodong, Cimanggis, Cipayung, Limo, Pancoran Mas, Sawangan, Sukma Jaya dan Tapos.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi dan Klimatologi Bogor, Hadi Saputra menjelaskan, hujan yang terjadi dipengaruhi oleh kondisi atmosfer.

Kondisi atmosfer ini dipengaruhi juga oleh beberapa hal, yakni angin monsun Asia, aliran udara basah, dan siklon blake.

Namun secara umum, lanjut Hadi, awal musim kemarau akan mulai di bulan April-Mei untuk wilayah Jawa Barat.

Akan tetapi, hingga April masih ada potensi cuaca ekstrim, di mana hujan deras disertai angin dan petir akan melanda.

“Untuk waktunya kami infokan melalui peringatan dini yang kita rilis jika sudah muncul kondisi akan terjadi cuaca ekstrimnya,” kata Hadi, Selasa (25/2). (dil/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *