520 Atlet Karate Rebutkan Piala Bupati Bogor

by -
SEMRINGAH: Sejumlah karateka menerima medali dalam piala Bupati Bogor Ade Yasin Cup.

METROPOLITAN – Sedikitnya 520 karateka di Kabupaten Bogor dan sekitarnya bertanding dalam piala Bupati Bogor Ade Yasin Cup. Mereka dibagi menjadi beberapa kategori dianataranya Kata pemula, Kata senior, Kumite, dan beberapa katergori lainnya.

Ketua Pelaksana ‘Piala Bupati Bogor Ade Yasin Cup’ Ahmad Syafei mengatakan, kejuaran ini merupakan ajang pencarian bakat untuk para atlet karate di Bogor dan kota-kota sekitarnya, terlebih saat ini ada empat kota dan kabupaten yang ikut serta menerjunkan atletnya.

Sehingga dari prestasi yang ditorehkan para atlet memudahkan perguruan untuk mencari atlet yang berbakat.

“Mereka ini yang bertanding dari usia dini atau pemula, diharapkan 10 tahun kedepan mereka bisa menjadi atlet bagi setiap perguruan dab daerahnya masing-masing,” ujarnya kepada Metropolitan.

Usai perhelatan ini, lanjut Syafei, setiap pelatih dapat melakukan evaluasi kepada para atletnya. Sehingga mengetahui apa saja yang sudah dilakukan pelatih kepada para atlet.

“Kalau saya jadi bukan juara yang saya kejar, tapi saya dapat mengetahui sejauh mana kemampuan para peserta ini. Dan dari situ kita bisa memaksimalkan kekurangan para atlet,” kata dia.

Selain itu, para atlet yang berprestasi pun nantinya akan dilatih didalam Training Center (TC). Dari seluruh juara akan gabung lalu diberikan pembekalan sesuai dengan kebutuhan mereka oleh pelatih.

Dalam kejuaran yang pertama ini, Syafei mengaku ada beberapa hambatan yang terjadi. Seperti waktu yang kurang tepat lantaran berbenturan dengan ujian sekolah dan ujian yang diadakan oleh setiap masing-masing perguruan.

“Memang ujian disetiap perguruan ini dilaksanakan pada Maret ini. Sehingga peserta pun kurang maksimal,” paparnya.

Meski demikian, dalam perhelatan ‘Piala Bupati Bogor Ade Yasin Cup’ ini ada 520 peserta dari empat kota dan empat kabupaten di Jawa Barat. Dan perhelatan ini menjadi tolok ukur perhelatan selanjutnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Bogor Junaidi Syamsudin mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Cabang Olahraga. Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (FORKI) Kabupaten Bogor.

Ia juga berharap perhelatan tersebut tidak hanya menjadi pertandingan, tetapi menjadi ajang silaturahmi para atlet dan perguruan.

“Ini juga menjadi ajang evaluasi untuk menghadapi POPDA dan PORDA. Mudah-mudahan banyak atlet Kabupaten Bogor yang menjadi juara di perhelatan ini,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Junsam ini, meminta agar perhelatan yang melibatkan banyal atlet harus sering dihelat. Sehingga atlet Bogor dari Cabor Karate ini banyak dan bisa membawa nama harum daerah serta perguruannya masing-masing. (*/mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *