Anggaran Pembuatan Soal UTS SD Dirahasiakan

by -
ILUSTRASI: Sejumlah siswa sedang mengerjakan soal ujian. Ketua K3S Kabupaten Bogor, Rosidin, menjelaskan, terkait anggaran merupakan hak sekolah selaku pengguna anggaran.

METROPOLITAN – Ujian Tengah Semester (Uts) yang sedang berlangsung di Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Bogor jadi sorotan.

Alasannya, tidak ada transparansi dalam penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) khusus untuk pembiayaan lembar soal dan jawaban.

Ketua Kelompok Kerja kepala sekolah (K3S) Kabupaten Bogor Rosidin menjelaskan, terkait anggaran tersebut merupakan hak sekolah selaku pengguna anggaran.

Karena, yang menyusun kisi – kisi dan soal adalah Kelompok kerja guru (KKG).

“Untuk kebijakannya dikembalikan ke satuan pendidikan sesuai anggaran dan pagu,”jelas Rosidin.

Untuk Pagu anggaran sambungya, semua sekolah sama. Termasuk di sekolah yang ia pimpin. Namun untuk kisaran angka anggaran,Rosidin tidak bisa menjelaskan.

” Saya tidak bisa buka,itu rahasia intern saya”tegas dia.

Pernyaan itu bertolak belakang dengan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 8 Tahun 2020.

Pada pasal 3 huruf e dijelaskan bahwa penggunaan dana BOS Reguler dikelola secara terbuka dan mengakomodir aspirasi pemangku kepentingan sesuai dengan kebutuhan sekolah.

Pengamat Pendidikan Kabupaten Bogor,Kurniawan menyesalkan atas tidak transparannya pengelolan dana BOS terkait biaya pembuatan soal dan jawaban.

“Seharusnya disebutkan saja anggarannya berapa,jadi tidak menuai pertanyaan,ini malah terkesan dirahasiakan,”sesalnya. (ash/b/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *