Aparatur Desa Bebersih Stasiun Bojonggede

by -

METROPOLITAN – Mence­gah corona masuk ke Kabu­paten Bogor, salah satu upaya dilakukan aparatur Desa Bo­jonggede dengan bebersih dan menyemprot disinfektan di Stasiun Bojonggede, kema­rin.

Kepala Desa Bojonggede, Dede Malvina, mengatakan, kegiatan bebersih stasiun ini sebagai langkah pertama mengedepankan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) men­cegah penularan virus corona atau Covid-19 melalui trans­portasi umum. “Ini merupa­kan langkah pertama menge­depankan PHBS dengan tu­juan mencegah penularan corona,” kata Dede.

PHBS kali ini fokus pada pembersihan melalui penyem­protan disinfektan dan be­bersih sampah di sekitar area stasiun bersama swadaya masyarakat, TNI dan polisi. Selain itu, Dede mengatakan, stasiun sebagai alat vital trans­portasi antarkota harus men­jadi perhatian utama sebagai pencegahan masuknya Co­vid-19. “Karena 30 ribu orang per hari masuk ke Stasiun Bojonggede. Ada 7 sampai 8 warga daerah lain yang masuk lewat Stasiun Bojonggede. Oleh karena itu, titik awal PHBS ada di sini dan mudah sosialisasikan,” bebernya.

Ia berharap PBHS bisa dila­kukan juga oleh warga Kabu­paten Bogor, mulai dari rumah hingga tempat umum sebagai antisipasi penularan Covid-19. Ke depan, Dede mengaku kegiatan serupa akan terus berlanjut di tempat umum, seperti jalan raya, pasar dan pusat pemerintahan di Ke­camatan Bojonggede khus­usnya di Desa Bojonggede.

Soal info dua warganya yang terjangkit virus corona, Dede menegaskan bahwa itu tidak benar. Sebelumnya, beredar kabar ada dua warga Bojong­gede di Perumahan Vila Asia dan Bambu Kuning yang po­sitif terjangkit virus Covid-19. “Saya pastikan untuk di Vila Asia itu adalah hoaks (berita bohong),” kata Dede.

Dia menjelaskan, untuk warga di Bambu Kuning ada­lah akibat salah tafsir masy­arakat sekitar melihat adanya ambulans menjemput salah seorang warga.

“Itu sebenarnya dia (yang dijemput) dokter spesialis jantung yang bekerja di RSPAD, dijemput ambulans RSUP Persahabatan untuk melaku­kan penanganan corona di sana (Jakarta). Jadi itu hoaks juga,” jelasnya. (hb/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *