Bappenda Buru Penunggak Pajak Kendaraan

by -

METROPOLITAN – Petugas Bappenda Kabupaten Bogor menggelar razia terhadap kendaraan yang menunggak pajak di ruas Jalan Raya Ci­leungsi–Jonggol, kemarin. Kegiatan ini melibatkan pol­sek di zona dua, Dinas Per­hubungan (Dishub) dan Po­lisi Militer.

Pusat razia Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU) yang digelar di Ter­minal Cileungsi itu menyisir setiap kendaraan yang melin­tas, baik roda dua maupun empat. Satu per satu anggota polsek dan dishub menghen­tikan setiap kendaraan yang melintas dan meminta pengen­dara menunjukkan kelengka­pan surat-surat.

Bagi mereka yang diketahui menunggak pembayaran pa­jak, petugas mempersilakan pengendara menghampiri meja petugas Samsat di seki­tar taman untuk melakukan pembayaran. Bagi yang tidak membawa uang, mereka di­beri pilihan untuk mengam­bil terlebih dulu atau diberi tindakan tilang sekaligus menahan STNK untuk men­gurus langsung di Samsat beberapa waktu ke depan.

“Kegiatan ini sekaligus me­nyosialisasikan program pen­ghapusan denda atas tung­gakan pajak sebelumnya. Berapa tahun pun tunggakan pajaknya tidak ada denda, cukup membayar pokok pa­jaknya,” terang Kepala Seksi Penerimaan dan Penagihan Kantor Samsat, Ridzki.

Ridzki melanjutkan, dalam kegiatan itu diinformasikan juga tentang pembebasan biaya balik nama kendaraan. Namun itu tak bisa dilakukan dalam razia, melainkan hanya bisa ditangani di kantor Samsat.

Sementara itu, Kanit Lantas Polsek Cileungsi, Yayan Su­ryana, mengatakan, razia juga melibatkan anggota Pol­sek di zona dua yaitu Polsek Gunungputri, Polsek Cileung­si, Polsek Jonggol dan Polsek Klapanunggal. “Operasi ini sebaiknya direspons positif oleh masyarakat, karena bisa membayar pajak tanpa harus antre panjang di kantor Sam­sat tanpa dibebani denda pula. Mumpung masih ada waktu hingga 5 Maret. Setelah itu denda kembali berlaku,” pungkasnya. (zis/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *