Bu Cinta Siap Jadi Garda Terdepan Program Banggakencana

by -

METROPOLITAN.id – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Kamil mengaku sangat menyambut baik kegiatan Rakerda Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Banggakencana) yang digagas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Istri Gunernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini menilai Rakerda merupakan titik awal kolaborasi antara pemerintah dengan elemen masyarakat, termasuk PKK.

“Saya bangga kepada BKKBN Jawa Barat yang secara serius menyelesaikan setiap sasaran langsung dengan inovasi. Munculnya nama Banggakencana juga menurut saya sangat strategis, di mana masyarakat bisa mendekatkan diri dengan program-program BKKBN ini,” ungkap perempuan yang akrab disapa Bu Cinta.

Bunda Generasi Berencana (Genre) Jawa Barat ini menambahkan, upaya BKKBN dalam melakukan pengendalian penduduk dan pembangunan keluarga menjadi sesuatu yang harus didukung secara kolaboratif oleh semua pihak.

Selama ini, BKKBN sukses membangun kolaborasi dengan banyak pemangku kepentingan terkait isu-isu strategis fertilitas, stunting, kampung KB, 1000 HPK, dan lain-lain.

“Saya berharap kolaborasi ini bisa terus berkembang, sehingga makin menajamkan sasaran program di masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, dalam pengendalian penduduk yang dianggapnya menjadi salah satu masalah krusial yang dihadapi Jawa Barat dan sebagai provinsi dengan jumlah penduduk tertinggi di Indonesia, sudah saatnya segenap elemen masyarakat Jawa Barat bahu-membahu menjawab tantangan yang hadir atas dampak yang timbul dari jumlah penduduk tinggi tersebut.

“Tahun ini diprediksi 50 juta. Banyak sekali penduduk tinggal di Jawa Barat. Ini PR (pekerjaan rumah, red) kita semua. Ketika pengendalian penduduk tidak bisa dilakukan, maka dampaknya akan banyak sekali. Seperti kemiskinan, pengangguran, kualitas kesehatan, linkungan, dan lain-lain. Luar biasa. Karena itu perlu kita dukung bersama upaya BKKBN dalam mengendalikan penduduk dan mewujudkan keluarga berkualitas yang sejahtera lahir batin,” terang Bu Cinta.

Sebagai Ketua TP PKK, Bu Cinta memastikan pihaknya siap menjadi garda terdepan program Banggakencana. Dengan lebih dari 600 kader dasa wisma, PKK memiliki kekuatan nyata untuk mendaratkan setiap program kepada masyarakat.

“Kami sangat dekat dengan masyarakat untuk menyosialisasikan pentingnya pengendalian penduduk dan pembangunan keluarga maupun keluarga berencana. Melalui posyandu, dan lain-lain,” pungkasnya. (ar/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *