Cegah Pelanggaran Hukum, SDM Digembleng

by -
PELATIHAN: Pemcam Cigombong memfasilitasi Bimtek Peningkatan Aparatur dan Pengelolaan Keuangan.

METROPOLITAN – Pemerintah Kecamatan Cigombong memfasilitasi bimbingan teknis (bimtek) Peningkatan Aparatur dan Pengelolaan Keuangan.

Sebanyak 50 orang yang berasal dari perwakilan sembilan desa mengikuti kegiatan yang digelar di Hotel Cahaya Village Gadog Puncak.

Sekretaris Camat Cigombong Asep H.S.S mengatakan, kegiatan ini digelar untuk mensinergikan kebijakan pemerintah pusat,provinsi,kabupaten,dengan aparatur desa.

Menurutnya, pengelolaan anggaran desa yang semakin besar memiliki dampak dan konsekuensi hukum yang sama besar bila salah administrasi.

“Karena cukup banyak aparatur desa yang karena ketidaktahuannya malah terjadi pelanggaran hukum, kata Asep.”

Asep mengaku tak ingin terjadi kondisi di mana kepala desa yang punya niat baik, malah berbuntut hukum karena faktor ketidaktahuan.

” Maka lewat kegiatan ini kami menjaga agar dana desa yang dikelola dengan niatan baik oleh perangkat desa beserta kepala desa, dapat digunakan sesuai dengan asas manfaat dan tujuannya,”paparnya.

Menurutnya, peningkatan kapasitas bagi pemerintahan desa sangat penting sehingga pelayanan lebih maksimal. Sebab, selama ini perngkat desa yang langsung berhadapan melayani masyarakat.

“Yaitu dengan program Gerakan Cigombong Moncorong yang berarti Cigombong Motekar (kreatif), Nugraha (anugerah), Calakan (pintar), Ome (kelola/rawat), Raharja (sejahtera), Olah (kerja), Nastiti (teliti), dan Gumelar (kehormatan), suatu kehormatan bekerja kreatif mengelola sumber daya sebagai abugerah Tuhan dengan rajin dan teliti untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat,”tutupnya. (nto/c/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *