Damkar Kabupaten Bogor Kebanjiran Tawon Vespa

by -

METROPOLITAN – Sejak awal 2020, Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Ka­bupaten Bogor telah meng­evakuasi sarang tawon seba­nyak 86 kejadian, yang terse­bar di wilayah Kabupaten Bogor.

Staf Bidang Data Seksi Penyelamatan dan Pertolong­an di Disdamkar Kabupaten Bogor Hari Mukti mengatakan, selain menangani kebakaran, pihaknya juga menangani sa­rong tawon di wilayah Kabu­paten Bogor. ”Semuanya yang paling banyak di wilayah Cibi­nong Raya. Sisanya di sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor,” kata Harri kepada Metropolitan, kemarin.

Ia menuturkan, dari data yang didapat, sejak Januari terdapat 69 kejadian penyelamatan. Salah satunya eva­kuasi sarang tawon selama tiga bulan di 40 lokasi. ”Untuk Februari terdapat 54 kejadian. Paling banyak evakuasi sarang tawon, dengan jumlah 37 penyelamatan,” beber Hari.

Selanjutnya, tutur Hari, se­jak Maret ini sudah ada 24 penyelamatan sembilan sarang tawon yang sudah dilakukan evakuasi. Sisanya penyelama­tan ular dan korban hanyut. ”Hari ini kita memang paling banyak evakuasi sarang tawon ketimbang evakuasi lain,” ujar Hari. Kepala Disdamkar Ka­bupaten Bogor Mamur me­nambahkan, untuk melakukan evakuasi sarang tawon ada jam-jam evakusi. Biasanya tim rescue mengevakuasinya pada malam hari.

“Karena khawatir kalau si­ang binatangnya itu berte­baran ke mana-mana. Kalau malam kan binatangnya tidak ke mana-mana,” ucap Mamur. Sarang tawon, lanjut Mamur, setelah dilakukan evakuasi lalu dibawa ke dinas untuk dimusnakah. Sebab saat mela­kukan evakuasi, binatang tersebut tidak dimatikan. “Kita amankan sarangnya saja. Untuk binatangnya kita tidak musnahkan. Yang sering tangani ya itu tawon Vespa,” pungkasnya. (mul/c/yok/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *