DAPD Ajak OPD Kelola Arsip via Mobile

by -

METROPOLITAN – Seba­nyak 40 peserta dari mulai Satuan Perangkat Kerja Dae­rah (SKPD), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), staf desa dan kecamatan di Ka­bupaten Bogor mengikuti magang kearsipan di Dinas Arsip dan Perpustakaan Dae­rah (DAPD) Kabupaten Bogor. Kegiatan itu berlangsung dua hari, mulai 17 sampai 18 Ma­ret 2020.

Kepala DAPD Kabupaten Bogor TB Lutfie Syam men­gatakan, 40 peserta yang ikut proses magang pada Selasa (17/3) merupakan gelombang pertama. Latar belakang di­gelarnya kegiatan magang ini lantaran DAPD sering mem­peroleh permohonan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kecamatan yang me­minta membereskan arsip di semua dinas.

”Sebetulnya arsip itu penang­gung jawabnya di pembuat. Nah, ini melalui magang ini diharapkan kesadaran ini mun­cul sambil pengetahuannya diberikan oleh kita,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan melaksanakan audit kearsipan di semua OPD, desa dan ke­camatan sesuai peraturan undang-undang dari pemerin­tah pusat.

”Harusnya ini sudah berja­lan dari dua tiga tahun lalu. Tapi belum bisa kami jalankan. Kan nggak mungkin juga kami melakukan audit tapi teman-teman di OPD diberi­kan pemahaman di arsip ini dari mulai diciptakan sampai dipelihara,” lanjutnya.

Ia menjelaskan tujuan ma­gang sendiri yaitu supaya ke depannya arsip di Pemerin­tahan Kabupaten (Pemkab) Bogor bisa dikelola dengan baik dan tidak mudah hilang.

”Sekarang juga kita mulai masuk. Sebetulnya bukan era digitalisasi, itu sudah lewat. Saat ini era mobile supaya semuanya bisa bergerak. Jadi kami ke depan akan banyak menggunakan aplikasi Android dalam soal pengelolaan kear­sipan yang materinya diberikan selama dua hari, mulai hari ini sampai besok,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, dalam pembukaan magang kearsi­pan di DAPD Kabupaten Bogor turut dihadiri Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan. (bd/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *