Dimakamkan di Samping Suami, Dilepas lewat Ritual Brobosan

by -

Jenazah ibunda Presiden Joko Widodo, Eyang Sujiatmi Notomiharjo, dimakamkan di pemakaman keluarga Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah, kemarin. Ritual Jawa brobosan turut menghantarkan Eyang Noto ke peristirahatan terakhirnya

PROSESI pelepasan jenazah diawali salat jena­zah di Masjid Baiturrachman yang terletak tak jauh dari rumah duka. Jokowi dan Iriana terlihat berjalan kaki di barisan paling depan. Sedangkan putranya, Gibran Rakabuming Raka, ada di belakangnya dengan membawa foto sang nenek.­

Usai disalatkan, jenazah dibawa kembali ke rumah duka. Setelah itu, upacara prosesi pelepasan jenazah dilaksanakan. Sebelum be­rangkat menuju tempat pe­ristirahatan terakhirnya di makam keluarga, Jokowi dan keluarga melakukan ritual brobosan.

Dalam ritual tersebut, peti jenazah diangkat lalu anak dan cucu yang ditinggalkan berjalan menunduk di bawah peti. Tradisi tersebut bertu­juan memberikan penghor­matan terakhir kepada jena­zah. Setelah itu, peti jenazah dimasukkan ke mobil untuk dibawa menuju makam.

Sementara itu, jenazah Ey­ang Noto tiba di pemakaman sekitar pukul 13:00 WIB. Peti jenazah Sujiatmi dikeluarkan dari mobil jenazah dan di­angkat enam anggota Paspam­pres berseragam merah putih menuju tempat peristiraha­tannya yang terakhir. Almar­humah dimakamkan di sisi kanan makam suaminya, Notomiharjo.

Sebelumnya, di tengah kesi­bukannya memerangi virus corona yang melanda Indo­nesia, kabar duka datang dari Presiden Jokowi. Sang ibunda, Sudjiatmi Notomiharjo, me­ninggal di Rumah Sakit TNI (RST) Tingkat III Slamet Ri­yadi, Surakarta. Sudjiatmi tutup usia pada umur 77 tahun se­kitar pukul 16:45 WIB.

Presiden Jokowi mengatakan, sang ibunda meninggal dunia di rumah sakit pukul 16:45 WIB setelah menjalani perawatan karena sakit kanker. ”Tadi sore pada pukul 16:45 WIB berpulang kehadirat Allah SWT ibunda kami, Bu Sujiatmi No­tomiharjo, yang kita tahu ba­hwa ibu sudah empat tahun menderita sakit, yaitu kanker,” kata Jokowi, di Solo, Jawa Tengah, Rabu malam.

Sebelum dirawat di RST Sla­met Riyadi Solo, Sujiatmi pernah dirawat di RSPAD Gatot Subroto. ”Kita semuanya sudah berusaha, berikhtiar, berobat utamanya di RSPAD Gatot Subroto tapi memang Allah sudah menghendaki,” kata Jokowi. ”Atas nama kelu­arga besar, saya ingin memo­honkan doa agar segala dosa-dosanya diampuni Allah SWT dan khusnul khatimah,” ung­kapnya. (kom/bbc/rez/run)

 

1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *