Dinkes Sukabumi Telusuri Jejak Pasien Positif

by -

METROPOLITAN – Tim Sat­gas Penanggulangan dan Penanganan Virus Corona Kabupaten Sukabumi menelu­suri riwayat pasiennya yang berstatus positif. Saat ini, pria 40 tahun itu masih dirawat di RSUD Sekarwangi, Cibadak. Diketahui pasien tersebut tidak memiliki riwayat perja­lanan ke daerah pandemi. Meski begitu, Dinas Keseha­tan (Dinkes) masih menyeli­diki keterangan dari pasien dan orang-orang terdekatnya.

”Sampai saat ini (kondisi pasien, red) menunjukkan perbaikan. Kita pantau dari orang terdekatnya atau siapa saja yang pernah melakukan kontak dengan pasien terse­but. Sama-sama kita telusuri, masih penyelidikan epide­mologinya,” kata tim penanga­nan Covid-19 sekaligus Ke­pala Dinkes Kabupaten Su­kabumi Harun Alrasyid, ke­marin.

Terkait penetapan Orang Dalam Pemantauan (ODP) atau yang kontak langsung dengan pasien tersebut, Harun juga menyebut masih dipantau timnya. ”Masih dipantau, baik yang kontak atau yang telah melakukan perjalanan sama-sama pasien kita telusuri. Ka­rena memang sementara ini dia terjangkit di mana kita belum tahu, tiba-tiba langsung berstatus PDP dan tidak ada riwayat perjalanan ke daerah pandemi,” jelasnya. Seluruh riwayat, tegas Harun, akan diketahui setelah timnya tun­tas melakukan penelusuran dan penyelidikan epidemo­logi. ”Apakah perjalanan keluar dengan siapa saja, dengan keluarga kah, supaya lebih cepat di dalam penga­wasan dan penetapan ODP dan lebih cepat memutus ran­tai penyebaran,”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *