Diperpanjang Lagi

by -

METROPOLITAN – Asosiasi Se­pak Bola Jerman (DFL) secara resmi memperpanjang penun­daan jadwal lanjutan kompetisi Bundes Liga Jerman. Penundaan itu dilakukan hingga 30 April 2020 akibat pandemi virus corona alias Covid-19.

Sebelumnya, Bundesliga men­ghentikan kompetisi hingga 2 April mendatang. Hal itu mereka laku­kan sejalan dengan keputusan sama yang diambil liga-liga top Eropa lainnya. Namun dengan semakin masifnya persebaran wabah Covid-19 di Eropa, terma­suk Jerman, Bundesliga pun ter­paksa mengambil tindakan lebih lanjut. ”Presidium DFL sadar ba­hwa semua skenario dan opsi juga tergantung pada faktor ekster­nal terhadap perkembangan yang DFL dan klub hanya memiliki pengaruh terbatas atau tidak sama sekali: di antara hal-hal lainnya, persebaran virus dan penangang­an situasi dari politik,” tulis per­nyataan resmi yang dirilis DFL.

”Karenanya, presidium dari De­wan Umum akan merekomenda­sikan penundaan lebih lama dari pertandingan di Bundesliga dan Bundesliga 2 setidaknya hingga 30 April,” tambah pernyataan ter­sebut.

Untungnya, penundaan EURO 2020 selama setahun membuat klub-klub bisa memiliki waktu tambahan untuk menyelesaikan musim sekaligus mempersiapkan musim depan.

Badan sepak bola Eropa sendiri mendesak kompetisi domestik musim ini berakhir maksimal pada 30 Juni mendatang. Jika me­mang demikian, sisa laga Bundes­liga musim ini bisa jadi bakal di­gelar tanpa penonton.

”Mengingat kemungkinan si­tuasi eksistensial dari beberapa klub dan karena tanggung jawab untuk industri dengan 56.000 ka­ryawan langsung dan tidak langs­ung, kami dengan suara bulat menargetkan untuk menyelesaikan musim pada 30 Juni, sejauh dii­zinkan secara hukum dan tentu saja dapat dibenarkan secara kese­hatan,” imbuhnya.

”Dalam hal ini, DFL saat ini be­kerja secara intensif pada konsep memainkan laga pada waktu ter­tentu, karena situasi, bahkan tanpa penonton dan dengan peng­gunaan pekerja yang minimal di bidang olahraga, organisasi umum dan media,” lanjutnya.

”Berbeda dengan olahraga ama­tir atau acara rekreasi lainnya, hanya staf stadion yang akan di­pekerjakan di tempat kerja ini,” tutupnya. (bol/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *