DMI Imbau DKM Rutin Sterilkan Masjid

by -

METROPOLITAN – Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bogor Ade Sarmili mengim­bau Dewan Kemakmuran Ma­sjid (DKM) menyemprotkan disinfektan dan membersihkan masjid secara rutin. Tak hanya itu, jika diperlukan, Ade mengimbau agar karpet masjid tidak digunakan sementara.

”Kota Bogor dari peman­tauan sementara belum ada (imbauan salat Jumat atau lima waktu di rumah, red). Hanya kita mengimbau kepada DKM agar semprot disinfektan, kar­pet digulung dan jamaah hati-hati,” ujarnya.

Jika ada umat muslim yang sedang dalam status ODP dan PDP bisa mengganti salat Jumat dengan salat Zuhur di rumah. “Bagi mereka yang sudah ter­kena dan berpotensi terkena serta menularkan, lebih baik salat Jumat diganti dengan Zu­hur,” katanya.

Sementara itu, hasil musya­warah Komisi Fatwa MUI me­minta pengurus DKM untuk memerhatikan beberapa hal. Pertama, menyiapkan sabun cuci tangan dan meminta ja­maah memerhatikan kebersi­han saat salat. Kedua, mem­persilakan jamaah mengguna­kan masker dan sajadah sen­diri. Ketiga, meminta pengurus DKM agar area masjid dan karpet masjid selalu bersih. Keempat, melakukan doa ber­sama atau sendiri-sendiri agar segera ada solusi dari pan­demi virus corona. Kelima, menganjurkan melaksanakan qunut nazilah setiap waktu salat sebagaimana dilakukan Rasululllah saat menghadapi musibah. (tib/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *