Door to Door Tes Cepat Corona

by -

METROPOLITAN – Tes cepat Covid-19 mulai hari ini dila­kukan di Kota Bekasi. Pola yang ditetapkan dalam proses pengetasan di antaranya tes massal di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi dan pola door to door, kemarin.

Wali Kota Bekasi Rahmat Ef­fendi mengatakan, tes cepat yang digelar di Stadion Pa­triot Candrabhaga Bekasi di­peruntukkan bagi para pe­kerja medis yang berada di Kota Bekasi. Sementara untuk pola door to door ke rumah-rumah warga merupakan un­tuk mereka yang sudah ter­data dan memiliki indikasi kontak dengan Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), serta pasien positif Covid-19.

”Jumlah mereka (pekerja medis, red) ada 365, termasuk petugas kecamatan. Mereka pagi ini dilakukan tes di Sta­dion Patriot, sebelum nanti dilepas ke rumah-rumah warga yang sudah terdata,” kata Rahmat.

Rahmat menjelaskan, tes massal di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi kemarin sekaligus sebagai simulasi bagi para petugas medis yang nanti akan diterjunkan mela­kukan tes Covid-19 ke rumah warga.

”Ini sekaligus orientasi bagi mereka di lapangan, di orang per orang nanti (door to door) yang kita turunkan adalah analisis. Dia yang ambil dar­ahnya, tentunya ada dua orang pembantu di tim kesehatan. Jadi tiga orang dalam satu titik,” paparnya.

Ia menjelaskan, dalam pro­ses tes Covid-19 ke rumah-rumah, petugas tetap akan menggunakan alat pelindung diri lengkap.

”Kita tes ambil darah lalu diuji menggunakan alat. Jika positif akan kita lakukan tinda­kan. Tapi kalau yang negatif akan kita umumkan,” tegasnya.

Pria yang akrab disapa Pepen itu menargetkan proses tes cepat door to door dapat ram­pung besok sebelum jam 12 siang.

”Mudah-mudahan hari ini hingga besok pagi sebelum jam 12 sudah selesai, sisanya yang dites adalah mereka-mereka yang bekerja sering berinteraksi dengan masyara­kat,” tegasnya. (tib/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *