DPRD Jabar Cek Kesiapan Bogor Hadapi Corona

by -

METROPOLITAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Barat (DPRD Jabar) mela­kukan kunjungan kerja ke Balai Kota Bogor, kemarin. Kunjungan tersebut diterima Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim di ruang kerjanya.

Anggota DPRD Jabar Iwan Suryawan yang datang ber­sama Rudi Harsa Tanaya men­jelaskan kedatangannya untuk mengecek kesiapan Pemerin­tah Kota (Pemkot) Bogor dalam menangani virus corona (Co­vid-19). “Kami mendapatkan tugas dari DPRD Jabar untuk melakukan pemantauan la­pangan terkait virus Covid-19 di dapil masing-masing,” ka­tanya usai kunjungan.

Pihaknya menekankan ke­siapan Pemkot Bogor terkait Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pe­mantauan (PDP) dan juga penanganan bagaimana mem­berikan edukasi kepada ma­syarakat. “Jadi secara umum tadi kita membicarakan sepu­tar itu,” kata Iwan.

Setelah itu, ia akan melaku­kan kunjungan ke Dinas Kese­hatan (Dinkes) Kota Bogor untuk melakukan peman­tauan kesiapan dan program yang sudah dan akan dilakukan untuk menanggulangi penye­baran virus Covid-19. “Kami juga akan mengunjungi bebe­rapa rumah sakit yang ada di Kota Bogor,” ujarnya.

DPRD Jabar dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar su­dah melakukan sosialisasi dalam menanggulangi penye­baran virus Covid-19. Bahkan, DPRD Jabar sudah menghen­tikan kegiatan yang sifatnya melibatkan banyak orang dan mengembalikan ke dapil masing-masing untuk mela­kukan pemantauan atau Work From Home. “Semua agenda di DPRD Jabar di-off-kan, tapi kita harus terus meman­tau penanggulangan penye­baran virus Covid-19,” tegas­nya.

DPRD Jabar, lanjutnya, sudah menyiapkan anggaran Rp100 miliar untuk penanganan Co­vid-19. Namun seperti yang sudah disampaikan gubernur Jabar, keperluan untuk me­nangani Covid-19, dana tak terduganya sudah sangat mi­nim sehingga akan mencari sumber lain seperti dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Selain itu, Iwan menyebut dalam pertemuan tersebut juga membahas seputar pro­gram Pemkot Bogor yang bisa disinergikan dengan Pro­vinsi Jabar. “Tahun 2020 ini ada bantuan keuangan dari provinsi dan 2021 Pemkot Bogor sudah mengajukan beberapa program pembangu­nan itu. Kita akan lihat apa saja yang diajukan Pemkot Bogor. Dan Insya Allah kita akan kawal di APBD 2021,” pungkasnya. (ayb/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *