Guru di Babakanmadang Mengajar di Rumah Siswa

by -

METROPOLITAN – Surat Edaran Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor Nomor 800/290-Disdik sudah beredar dan dilaksanakan pihak sekolah sebaik–baiknya. Para pelajar pun belajar di rumah 14 hari akibat maraknya isu corona virus.

Menanggapi aspirasi dari orang tua wali murid yang menghendaki adanya pen­dampingan belajar di rumah selama libur panjang corona virus, pihak SDN Karang Tengah 03, Kecamatan Ba­bakanmadang, dengan cepat meresponsnya.

“Saya sudah tugaskan guru yang tempat tinggalnya dekat dengan siswa untuk men­dampingi belajar siswa di rumah. Di antaranya yang sudah saya hubungi dan me­nyatakan siap ada ibu guru Walimah dan Rukiyah,” ujar Kepala SDN Karang Tengah 03, Pipih Hanipah.

Sebelumnya, orang tua me­minta pihak sekolah bersedia menerjunkan tenaga pendidik untuk mendampingi siswa- siswi belajar di rumah. “Kami berterima kasih kepada tenaga pendidik untuk ikhlas menga­jari anak–anak kami di rumah. Kami bangga masih ada pahla­wan tanpa tanda jasa di tengah maraknya isu corona virus,” kata orang tua dari Siti Rahmah, siswi kelas 2 SDN Karang Tengah 03, Sabilillah.

Menurutnya, tidak semua wali murid memiliki skill mau­pun yang memiliki kemam­puan dalam jejaring atau gadget. “Saya bisa buktikan ada anak–anak yang lebih banyak bermain ketimbang mengerjakan tugas PR me­reka. Saudara dan tetangga saya di sini bisa kita survei bersama,” ungkapnya.

Ia memaklumi kebijakan Disdik yang belum tentu pula bijak bagi hak anak apa­bila hak, kewajiban dan tang­gung jawab tenaga pendidik belum diselaraskan. “Jadi, kami merindukan sosok te­naga pendidik berjiwa besar dari sekolah lainnya di Kabu­paten Bogor. Semoga disdik bisa terinspirasi menggerak­kan tenaga pendidik untuk mengabdi demi hak anak memperoleh pendidikan se­bagaimana amanat Pasal 31 UUD 1945,” harap Sabilillah yang pernah berkarier sebagai guru honor SMP pada 1992-1997. (brt/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *