Ikut Tangani Covid -19, Mahasiswa Pasca-Sarjana IPB Galang Dana

by -

METROPOLITAN – Merebakny wabah Virus Corona (Covid-19) di Indonesia, termasuk di Bogor, makin mengkhawatirkan. Kebijakan bekerja, belajar bahkan beribadah dari rumah, membatasi pergerakan warga demi memutus rantai penyebaran Covid-19.

Namun, masih banyak warga yang beraktifitas di luar rumah, dengan alasan ekonomi jika hanya berdiam diri dirumah. Terlebih untuk menengah kebawah. Hal itu pun memancing reaksi banyak pihak, salah satunya mahasiswa Pasca-Sarjana Institut Pertanian Bogor (IPB) (E67), Ria Rusty Yulita.

Wanita yang juga pemilik Bakso Pakde Jangkung, Orange Resto dan Labuan Seafood itu berinisiatif untuk melakukan penggalangan dana menghadapi dampak mewabahnya Covid-19, berawal dari keresahaannya saat melihat orang-orang sibuk donasi ke Rumah Sakit (RS), tapi masyarakat kelas bawah yang terpaksa mengabaikan kebijakan Stay At Home, dan harus cari uang harian, malah terlupakan.

“Tdak perlu jelaskan soal musibah yang di hadapi negara kita dan dunia, Covid-19 ini. Saat ini pemerintah sedang berusaha melakukan yang terbaik, kami ingin upayakan bantuan kecil, yang setidaknya bisa kita lakukan, yakni penggalangan dana,” katanya kepada Metropolitan.

Pihaknya bakal melakukan penggalangan dana selama satu minggu, mulai Jumat (28/3) hingga Sabtu (4/4) mendatang. Sehingga penyaluran bantuan diharapkan bisa dilakukan pada 6 April mendatang. “Sehari sebelumnya kita lakukan persiapan logistik,” imbuh Rusty.

Ia menjelaskan, target masyarakat yang akan di berikan bantuan yakni masyarakat kurang mampu yang terpaksa tidak bisa mengikuti anjuran pemerintah untuk diam di rumah, karena kebutuhan hidup di Kota dan Kabupaten Bogor. “Bukan nggak mau diam dirumah supaya nggak berpotensi ketular Covid-19, tapi istilahnya kalau nggak keluar, mereka nggak makan. Makanya jika ada bantuan logistik, mudah-mudahan mereka bisa stay di rumah,” tukasnya.

Nantinya, kata dia, bentuk bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat yakni berbentuk Paket Logistik dengan nilai per paket kurang lebih Rp100 ribu. Yang berisi beras ukuran lima Liter, mie instan sepuluh bungkus hingga minyak goreng satu liter.

“Bagaimana cara pendistribusiannya? akan ada tim yang menyerahkan langsung kepada pedagang kaki lima (PKL), pemulung atau ojol di jalan. Sambil menyarankan mereka pulang ke rumah,” ujarnya.

Rusty menambahkan, jika ada warga Bogor yang ingin mengirimkan donasi, bisa melakukan tranfer ke rekening Bank BCA 167 2626 662 atas nama Ria Rusty Yulita, dimana rekening tersebut sudah dikosongkan per 28 Maret lalu dan digunakan hanya untuk terima donasi.

Untuk pertanggungjawaban dana, sambunf dia, pihaknya bakal meng-update total saldo setiap hari pada pukul 12:00 WIB mulai 29 Maret di story akun Instagram-nya, @rusty_frog. Serta menyertakan bon pembelian bahan bantuan juga akan ditampilakn di Story Instagram. “Bukan soal berapa banyak yang kita sumbangkan, tapi kepedulian kamu terhadap kita, saudara kita, dan negara ini. Jadi Stay Home, tapi kita bisa Keep Help,” pungkas Rusty. (ryn/b/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *