Imbas Corona, 850 Juta Siswa tidak Sekolah

by -

METROPOLITAN – Di balik penyebaran wabah virus co­rona alias Covid-19 memun­culkan fakta menyedihkan. Badan khusus PBB, UNESCO, memprediksi sekitar setengah populasi siswa dunia sekarang tidak bersekolah, karena pan­demi virus asal Wuhan, Chi­na tersebut. Penutupan seko­lah terbaru mencakup 102 negara dengan penutupan yang lebih kecil dan terloka­lisasi di beberapa negara lain, dengan total 850 juta siswa, dari prasekolah hingga uni­versitas.

Seminggu lalu, menurut UNESCO, penutupan sekolah hanya mencakup 15 negara sebagaimana dikutip Philade­phia Tribune, Rabu (18/3). Pada Rabu, sistem pendidikan menggunakan solusi tekno­logi tinggi dan rendah dilaku­kan untuk menjembatani ke­senjangan itu, termasuk kelas video dan pemrograman radio.

Sementara itu, Organisasi Buruh Internasional PBB memperkirakan dampak dari wabah virus corona bisa menyebabkan hampir 25 juta kehilangan pekerjaan di seluruh dunia dan mengha­biskan hingga US$ 3,4 triliun pendapatan akhir tahun ini.

Pandemi virus corona telah menginfeksi lebih dari 204.00 orang dan menewaskan lebih dari 8.200. Penyakit Covid-19 menyebabkan gejala ringan atau sedang pada kebanyakan orang, tapi gejala parah lebih mungkin terjadi pada orang tua atau mereka yang memi­liki masalah kesehatan. Lebih dari 82.000 orang telah pulih sejauh ini, sebagian besar di Tiongkok.(tem/rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *