Indonesia Pede Lanjutkan Pertandingan

by -

METROPOLITAN – Ditengah maraknya wabah virus corona nampaknya tidak membuat Liga Indonesia terhenti.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali, mengaku masih enggan untuk meminta operator liga menghentikan kompetisi nasional menyusul ancaman virus Covid-19 di Indonesia.

Menurut Amali, salah satu alasan Kemenpora enggan untuk menghentikan liga lantaran takut banyak klub sepakbola yang komplain. Apalagi, klub masih akan diharuskan membayar gaji pemain.

“Kalau liganya saya nyatakan stop, pasti klubnya akan teriak karena mereka kan akan membayar gaji pemain,” kata Amali.

Lagipula, dilanjutkan Amali, Kemenpora tidak memiliki otoritas untuk menghentikan liga tanpa rekomendasi dari Kementerian Kesehatan. Untuk itu, Kemenkes diminta untuk memutuskan apakah diperlukan penghentian liga sementara.

“Kalau itu sudah datang dari otoritas yang mengatur atau Kemenkes mau tidak mau itu harus kita sampaikan untuk menghentikan. Tapi kalau darisananya belum ada,” ucap dia.

“Kalau dari punya otoritas belum ada, tentu Menpora nggak bisa. Menpora tidak bisa menghentikan. Tapi kalau dasarnya ada dari Menkes kita akan minta berhenti,” sambungnya.

Namun demikian, pihaknya mengaku tetap akan melakukan tindakan pencegahan penyebaran virus corona. Khususnya melarang penonton untuk menyaksikan langsung pertandingan di stadion.

“Kemarin ada pertandingan dari klub dari Filipina dan PSM. itu tetap dilangsungkan tapi tanpa penonton untuk pencegahan. Kita tetap menunggu dari Kemenkes,” pungkasnya.

Di laih pihak, virus corona telah membuat sejumlah negara menghentikan atau menunda sementara kompetisi sepakbola.

Diantaranya, negara Italia menunda pertandingan Serie A sampai 3 April mendatang, sesuai instruksi lockdown Italia yang ditetapkan Perdana Menteri Giuseppe Conte. Lalu, Spanyol menghentikan sementara kompetisi sepakbola La Liga selama dua pekan.

Selanjutnya, Belanda menunda Eredivisie selama beberapa pekan ke depan, menyusul rekomendasi dari pemerintah. Serta, Swiss pekan lalu menunda semua pertandingan di dua kasta teratas mereka sampai akhir Maret.

Namun ada juga negara yang masih melanjutkan pertandingan. Seperti, Inggris baru mewacanakan akan menerapkan pertandingan dimainkan tanpa penonton sampai akhir musim dan pub-pub di Inggris dilarang menyiarkan pertandingan di televisi untuk menghindari berkumpulnya massa

Kemudian, Jerman memilih melanjutkan semua pertandingan Bundesliga mulai akhir pekan ini dengan memainkan laga secara tertutup atau tanpa penonton. Lalu, Perancis memilih melanjutkan semua pertandingan Ligue 1 dan Ligue 2 dimainkan tanpa penonton hingga 15 April

Selanjutnya, Portugal menetapkan semua pertandingan di dua divisi tertinggi dimainkan tanpa penonton, sampai pemberitahuan lebih lanjut. Lalu, Yunani juga menerapkan pertandingan tertutup selama dua pekan.(tib/kom/rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *