Jalan Lingkar Klapanunggal Mulai Digarap

by -

METROPOLITAN – Pembangunan ruas Jalan Ling­kar Klapanunggal yang men­ghubungkan lima desa di Ke­camatan Klapanunggal, men­jadi prioritas utama pemerin­tah kecamatan (pemcam) dan pemerintah desa (pemdes).

Kini proses pembangunan ruas jalan itu sudah mema­suki tahap perencanaan. Pem­bentukan panitia sudah dila­kukan untuk mempercepat proses pembangunan yang akan dikerjakan pada 2020.

”Untuk pembentukan panitia sudah kita buat. Langkah itu guna mempercepat pembangu­nan peningkatan jalan yang sudah dinanti sejak 2016,” terang Camat Klapanunggal, Endang Kosasih.

Selain pembentukan panitia, pihaknya juga akan melaku­kan musyawarah dengan beberapa perusahaan di Ke­camatan Klapanunggal. Sebab, pembangunan jalan tahap pertama ini berjarak kurang lebih 850 meter yang dimulai dari depan kantor Polsek Kla­panunggal hingga Perumahan Cocogarden dengan estima­si biaya yang sudah dihitung konsultan sebesar Rp2,8 mi­liar.

”Dalam waktu dekat, kita akan adakan musyawarah dengan perusahaan dan ma­syarakat untuk meminta CSR dari setiap perusahaan. Arti­nya, dari panjang jalan 850 meter itu biayanya hasil CSR perusahaan di Kecamatan Klapanunggal,” katanya.

Untuk tahap selanjutnya, lima desa yang akan dile­wati jalan lingkar ini, yakni Desa Kembangkuning, Kla­panunggal, Cikahuripan, Bojong dan Desa Linggar Mukti hingga tembus Keca­matan Jonggol akan dibangun pada 2021 dari dana yang dijanjikan bupati ke setiap desa sebesar Rp1 miliar untuk infrastruktur.

”Untuk tahap selanjutnya, pembangunan akan diteruskan pada 2021 dengan dana yang akan digelontorkan bupati ke setiap desa senilai Rp1 miliar. Jadi, lima desa yang akan di­bangun sepakat dana yang akan diberikan Pemda Kabu­paten Bogor akan dianggarkan seluruhnya untuk pembangu­nan jalan lingkar Klapanunggal,” pungkasnya. (zis/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *