Jembatan Sungai Cimapak Putus Akibat Banjir

by -

METROPOLITAN – Jem­batan Sungai Cimapak di RT 02/03, Desa Buanajaya, Ke­camatan Tanjungsari, ter­putus akibat banjir. Jemba­tan sederhana itu tak mam­pu menahan derasnya air sungai yang meluap. Selain jembatan, banjir juga men­ghanyutkan tiang listrik dan mobil milik warga yang ting­gal di bantaran sungai.

“Jembatan ini putus ka­rena hujan yang cukup lama dan air sungai meluap. Jadi, jembatan hanyut terbawa arus sungai. Tiang listrik di pinggiran sungai ikut ha­nyut karena tanahnya long­sor. Ada juga mobil warga yang terbawa arus sungai,” kata Anggota Linmas Desa Buanajaya, Maman, kepada Metropolitan, kemarin.

Maman mengatakan, Jem­batan Cimapak merupakan akses penting bagi warga Desa Buanajaya. Setelah terputus akibat banjir, war­ga langsung swadaya membangun jembatan dengan material seadanya. “Karena belum ada bantuan dari pemerintah, maka kita perbaiki jembatan meng­gunakan kayu dan bambu. Yang terpenting masih bisa dilintasi warga,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Buanajaya, Sudarjat, mengatakan, perbaikan Je­mbatan Cimapak sudah menjadi agenda pihak desa dan kecamatan.

Rencana perbaikan sudah dibahas dalam musrenbang tingkat kecamatan. “Memang sudah menjadi agenda untuk diperbaiki dan dibangun lebih layak. Sebab, kondisi­nya saat ini apa adanya dengan material yang tidak kuat kalau menahan air. Mudah-mudahan bisa se­gera diperbaiki,” singkatnya. (hin/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *