Jokowi: Ibu Sudah Empat Tahun Menderita Kanker

by -

METROPOLITAN – Di tengah kesibukannya memerangi virus corona yang melanda Indonesia, kabar duka datang dari Presiden Jokowi. Sang ibunda, Sudjiatmi Notomiharjo, meninggal di Rumah Sakit TNI (RST) Tingkat III Slamet Riyadi, Surakarta. Sudjiatmi tutup usia pada umur 77 tahun sekitar pukul 16:45 WIB.

Presiden Jokowi mengatakan, sang ibunda me­ninggal dunia di rumah sakit pukul 16:45 WIB setelah menjalani perawatan karena sakit kanker. ”Tadi sore pada pukul 16:45 WIB berpulang ke­hadirat Allah SWT ibunda kami, Bu Sujiatmi No­tomiharjo, yang kita tahu bahwa ibu sudah empat tahun menderita sakit, yaitu kanker,” kata Jokowi, di Solo, Jawa Tengah, Rabu malam.

Sebelum dirawat di RST Slamet Riyadi Solo, Sujiatmi pernah dirawat di RSPAD Gatot Subroto. ”Kita semuanya sudah berusaha, berikhtiar, berobat utamanya di RSPAD Gatot Subroto tapi memang Allah sudah menghendaki,” kata Jokowi.­

”Atas nama keluarga besar, saya ingin memohonkan doa agar segala dosa-dosanya di­ampuni Allah SWT dan khus­nul khatimah,” ungkapnya.

Sebelumya, usai mendengar kabar tersebut, Jokowi pun bertolak ke Solo bersama dua menterinya, Mensesneg Pra­tikno dan Seskab Pramono Anung, turut mendampingi Jokowi. ”Dua anggota Kabinet Indonesia Maju yang berang­kat ke Solo untuk mendampingi Presiden Joko Widodo adalah Mensesneg Pratikno dan Ses­kab Pramono Anung,” kata Juru Bicara Presiden, Fadj­roel Rachman.

Menurutnya, Jokowi juga meminta para anggota Kabi­net Indonesia Maju lainnya untuk tetap di Jakarta dan fokus bekerja. Mengingat pe­makaman ibunda Jokowi juga akan digelar secara in­ternal. Karena itu, hanya dua jajarannya yang mendampingi di Solo.

”Atas arahan Bapak Presiden Joko Widodo, bahwa pema­kaman almarhumah Ibunda akan dilaksanakan secara internal dan para anggota Kabinet Indonesia Maju ber­serta jajaran tetap bekerja di Jakarta dan fokus pada tugas masing-masing. Mohon doa ikhlas kepada almarhumah,” tuturnya.

Lebih lanjut, Fadjroel menga­jak masyarakat Indonesia berdoa untuk ibunda Jokowi. ”Kepada seluruh masyarakat Indonesia yang tulus ikhlas mendoakan husnul khotimah almarhumah Ibu Sujiatmi Notomiharjo, ibunda Presiden Joko Widodo, Presiden dan Ibu Negara Iriana, mengha­turkan ucapan terima kasih sebesar-besarnya,” kata Fadj­roel. (dtk/mam/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *